Daerah

Ansor di Kawasan Jombang akan Dilatih Kemampuan Media

Sabtu, 26 Januari 2019 | 02:00 WIB

Jombang, NU Online
Banyak beredarnya kabar bohong membuat prihatin berbagai kalangan. Untuk memberikan pemahaman dan kesiapan dalam menghadapi hal tersebut, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mojowarno, Jombang, Jawa Timur segera menyelenggarakan pelatihan cyber media.

Kegiatan yang akan berlangsung dalam waktu dekat tersebut diikuti sekitar 50 peserta utusan dari Pimpinan Ranting GP Ansor se-Mojowarno, serta Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Wonosalam.

Agar lebih optimal dan peserta mendapatkan banyak materi yang dibutuhkan, pelatihan berlangsung sejak pagi hingga malam. Lokasi pelaksanaannya di Brevnes Café yang berada di sekitar Polsek Mojowarno.

Ketua PAC GP Ansor Mojowarno, Syahrul Munir menjelaskan, tidak ada kriteria khusus untuk bisa mengikuti kegiatan ini. “Yang terpenting dapat rekomendasi dari pengurus ranting setempat,” katanya, Jumat (25/1).

“Palatihan ini dalam rangka menangkal bayaknya berita hoaks yang disebar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Persyaratan untuk mengikuti pelatihan ini sangat sederhana, bahwa calon peserta nantinya sudah mempunyai atau memiliki telepon genggang sendiri berbasis android, dan tentu saja komitmen perjuangan yang tinggi.

Di tempat berbeda, Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Jombang, Zulfikar Damam Ikhwanto membenarkan akan diadakannya kegiatan tersebut.

“Ya, kami dari Gerakan Pemudan Ansor akan mengadakan kegiatan pelatihan cyber media,” katanya saat ditemui di sekretariat Pimpinan Cabang GP Ansor Jombang.

Sebelumnya, salah seorang PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang ini menyampaikan, pelatihan akan mendatangkan tim dari cyber army Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Timur.

“Dengan diadakan pelatihan, nantinya bisa membuka wawasan berpikir peserta untuk dapat berperan aktif di media sosial dan menguasai teknologi informasi,” tandasnya. (Ibnu Nawawi)


Terkait