Daerah

Berburu Lailatul Qadar Bersama GP Ansor Banyuanyar

Ahad, 18 Juni 2017 | 21:52 WIB


Probolinggo, NU Online
Malam Lailatul Qadar menjadi perburuan semua umat Islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, termasuk kalangan GP Ansor Banyuarang Probolingga.  Sabtu (17/6) salah satu Banom NU ini menggelar kegiatan "Sahur Bersama berburu Malam Lailatul Qadar".

Kegiatan yang dipusatkan di Pendopo Kecamatan Banyuanyar ini dihadiri oleh Camat Banyuanyar, Didik Abdul Rohim, pengurus MWCNU, Muslimat dan Fatayat NU, guru sekolah dan guru TPQ, tokoh agama serta tokoh masyarakat, Nampak hadir juga A’wan PWNU Jawa Timur H Hasan Aminuddin.

Dalam sambutannya, Hasan Aminudin mengungkapkan masyarakat hari-hari ini mengalami keresahan. Mereka menghadapi permasalahan dengan ujian terberat,  berupa kemungkaran yang terjadi pada anak-anak muda, rusaknya perilaku karena semakin banyaknya generasi muda mengkonsumsi obat-obatan terlarang (Narkoba) dan banyaknya pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang pelakunya banyak anak muda.

“Oleh karena itu, orang tua haruslah banyak memberikan contoh (uswatun hasanah). Perlu memberikan motivasi kepada anak untuk membangun perilaku yang baik. Orang tua haruslah memberikan contoh terlebih dahulu kepada anaknya. Diantaranya berikan ruang waktu kepada anak untuk bermain dan belajar. Berikan pembelajaran kepada anak serta motivasi fokus pada pola pemikirannya,” pungkasnya.

Mantan Bupati Probolinggo ini mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.  Dan di penghujung bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah, umat muslim harus introspeksi terhadap urusan hablum minallah dan hablum minanas.

“Marilah bersama-sama meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah SWT. Karena masih banyak kekurangan dalam peningkatan kualitas keimanan kita,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua MWCNU Kecamatan Banyuanyar M. Thoha menyambut baik kegiatan yang digagas oleh para pemuda Ansor di Kecamatan Banyuanyar demi memberikan kegiatan positif kepada para pemuda.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat dalam upaya peningkatan kualitas ibadah, terutama di kalangan warga NU di Kecamatan Banyuanyar di detik-detik meraih kemenangan sekaligus berburu datangnya malam Lailatul Qadar,” tuturnya. (Syamsul Akbar / Muslim Abdurrahman) 


Terkait