Daerah

Biasakan Amalan Rutin Aswaja Sejak Dini

Kamis, 18 Juli 2013 | 01:02 WIB

Bojonegoro, NU Online
Mengawali tahun pelajaran 2013/2014 MINU (Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama) Unggulan Walisongo Sumuragung Sumberrejo Bojonegoro, Jawa Timur, bersama dewan guru seluruh siswa-siswinya berdoa dan melafalkan amaliah-amaliah rutin Ahlusunnah wal Jamaah (Aswaja), Selasa (16/7) kemarin.<>

Pukul 06.35 WIB seluruh siswa berebut menempati serambi Masjid Raya Walisongo untuk mulai melaksanakan pembiasaan karakter Aswaja secara tertib dan rapi. Sebanyak seratus limapuluhan siswa dari kelas Sunan bonang sampai kelas sunan muria (kelas 1-6) berjejer rapi mengucapkan shalawat ala nahdliyah; shalawat nariyah, shalawat anwar, sholawat munjiyat, do’a-do’a pagi dan asmaul khusna.

Hal ini khusus hari Selasa, karena hari Senin dilaksanakan upacara bendera, sementara hari Rabo dilaksanakan latihan amaliah shalat fardlu, hari Kamis dzibaiyah/berjanzi, hari Jumat Tahlilan dan Sabtu istighotsah. Semua kegiatan itu ditutup dengan asmaul husna secara dilagukan lantas ditutup dengan yel-yel karakter MINU.

Sekitar pukul 07.15 WIB , siswa-siswi mulai beranjak meninggalkan serambi masjid menuju kelas masing-masing untuk mulai mengaji Al-Qur’an secara tartil dilanjutkan setelahnya mata pelajaran yang diampu oleh guru kelas masing-masing.

Dalam PKA kali ini sudah mulai ditangani oleh siswa/siswi terpilih dari masing-masing perwakilan kelas. ”Kami bermaksud untuk mendidik dan menjadikan mereka terbiasa menjalani risiko sebagai pemimpin,” tutur Ahmad Taufik, SPd.

Dikarenakan masa awal pelajaran tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan maka untuk masa kepulangan siswa-siswi dicukupkan sampai pada pukul 09.30 bagi kelas bawah dan pukul 10.30 bagi kelas atas. Pada hari biasa siswa baru selesai belajar pukul 13.00 WIB.


 

Redaktur: A. Khoirul Anam
Kontributor: Ahsanul Amilin


ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait