Daerah

Bupati Anas Bersama KHR Cholil As'ad Gelar Doa Untuk Negeri

Rabu, 7 Juni 2017 | 08:28 WIB

Banyuwangi, NU Online
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Pengasuh PP. Walisongo, Mimbaan Situbondo KHR Cholil As'ad menggelar doa bersama untuk negeri. Doa yang sekaligus buka bersama dilakukan di kawasan wisata Bangsring Underwater (Bunder) Wongsorejo, Banyuwangi, Selasa (6/6).

“ Bulan Ramadlan, merupakan momentum yang tepat untuk memanjatkan doa kebaikan bangsa dan Kabupaten Banyuwangi,” kata bupati Anas dalam sambutannya.

Dalam rangkaian doa bersama tersebut, KHR. Cholil As'ad memimpin pembacaan Al Quran, Sholawat Nariyah, dan tahlil.

"Semoga dengan rangkaian doa ini, bisa mendatangkan keberkahan bagi Banyuwangi khususnya dan Indonesia umumnya," tutur KH Cholil.

Menariknya, acara doa bersama mengambil tempat yang tak umum, yaitu tempat wisata. Tidak hanya melantunkan puji-pujian terhadap Nabi Muhammad SAW, mereka juga mendengungkan kebhinekaan yang diawali ngabuburit sembari sholawatan dengan iringan kolaborasi hadrah.

Mereka menyanyikan PBNU, yang merupakan singkatan dari Pancasila, Bhineka tunggal ika, NKRI, dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Ini cara baru bahwa berdoa dan sholawatan tidak harus di masjid atau tempat-tempat tertentu saja, tapi juga bisa dilakukan dengan santai di tepi pantai," papar bupati Anas.

Doa bersama di kawasan pantai menjadi daya tarik wisatawan asing, dan kehadiran turis mancanegara yang ikut mengabadikan kegiatan tersebut, lanjut Anas, menjadi inspirasi tersendiri. Usai doa bersama perpaduan musik etnik di tepi pantai dengan dihiasi balon-balon menjadi daya tarik tersendiri.

"Hal ini menarik bagi saya. Sholawat yang dikemas secara sederhana pun juga bisa menjadi daya tarik wisatawan," terangnya.

Pada bulan Ramadlan ini, kabupaten Banyuwangi menggelar berbagai kegiatan diantaranya, Banyuwangi Mengaji, juga dirangkai dengan khotmil Quran yang akan dihelat selama empat hari, yakni tanggal 7 – 10 Juni di Pesantren Darul Taufiq, Tegalpare, Muncar.

"Acara ini akan diikuti pelajar, santri dan masyarakat," ungkap Kabag Kesra Pemkab Banyuwangi Lukman. (M. Sholeh Kurniawan/ Muslim A)


Terkait