Daerah

Fatayat NU Depok Gelar Baksos di Pinggir Kali Ciliwung

Selasa, 20 Juni 2017 | 02:46 WIB

Depok, NU Online
Menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, Fatayat NU Kota Depok menggelar bakti sosial. Dalam kesempatan tersebut organisasi ibu-ibu muda NU ini berbagi kebahagiaan bersama dhuafa, anak yatim di warga pinggir sungai Ciliwung, Kampung Gedong, Kemiri Muka. Tema baksos kali ini Indahnya Kebersamaan, Wujud Kepeduliaan bagi Sesama.  

"Ini bagian dari kepedulian Fatayat NU Kota Depok pada warga pinggir kali Ciliwung. Semoga dengan berbagi kebahagiaan ini, mereka turut berbahagia dalam menyambut datangnya Lebaran," ujar Ketua Fatayat NU Kota Depok Hj. Yuminah (18/6). 

Agenda rutin di bulan suci Ramadhan kali ini difokuskan di daerah sekitar sungai Ciliwung. Pasalnya, banyak anggota masyarakatnya yang perlu mendapat perhatian khusus. Dalam proses baksos tersebut, pihaknya menyambangi warga langsung ke rumahnya masing-masing dengan memasuk gang-gang serta menyusuri  pinggiran kali Ciliwung.

Ia menjelaskan, paket yang diberikan berupa 50 paket sembako, alat-alat sekolah, dan uang sekedarnya.  

"Ternyata di tengah kemegahan kota Depok di Jalan Margonda, di belakangnya masih banyak daerah yang perlu sentuhan bersama. Masih kita jumpai rumah yang kurang layak dengan kondisi keluarga yang banyak membuat miris dan sedih melihatnya. Semoga dengan berbagi ini, bisa turut mewarnai kebahagiaan menjelang datangnya hari yang fitri," tandanya. 

Dikatakannya, baksos ini merupakan program yang telah dilakukan setiap bulan Ramadhan di wilayah kecamatan yang  berbeda-beda setiap tahunnya. Ia mengungkapkan, wilayah yang sudah dilakukan bakti sosial di bulan Ramadhan sebelumnya seperti Kecamatan Sawangan, Cipayung, Pancoran Mas, Beji, dan Limo. Program tersebut sudah dimulai sejak 2009 lalu dengan cara bergilir dan blusukan langsung ke rumah warga. 

Hal ini bertujuan agar Fatayat NU Depok bisa langsung silaturrahim ke rumah-rumah warga tidak dan mampu sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Terlebih lagi, lanjutnya, bisa mngetahui kondisi warga secara langsung. 

Sesepuh RT setempat Edi (80) meski sudah usia lanjut namun tetap gigih dalam  membantu dan mengayomi warganya. Ia menyampaikan apresiasi atas langkah yang dilakukan oleh Fatayat. "Semoga Fatayat NU Depok bisa banyak memberikan manfaat bagi  umat, bangsa, dan negara," terangnya.(Aan Humaidi/Mukafi Niam)


Terkait