Daerah

GP. Ansor Sumberasih Ikut Sosialisasikan Kartanu

Ahad, 17 Maret 2013 | 06:36 WIB

Probolinggo, NU Online
Seluruh lembaga, lajnah dan badan otonom Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo saat ini tengah berupaya untuk ikut mensukseskan program Kartu Tanda Anggota Nahdlatul Ulama (Kartanu).
<>
Berbagai upaya terus dilakukan demi ikut mensukseskan penyelenggaraan program Kartanu tersebut. Upaya tersebut diwujudkan dengan cara turut memberikan dukungan dan berpartisipasi penuh terhadap pelaksanaan program Kartanu.

“Selaku keluarga besar NU kami merasa ikut mempunyai kewajiban untuk menyukseskan Kartanu. Oleh karenanya, kami rutin memberikan sosialisasi kepada segenap warga Nahdliyin dalam berbagai kegiatan GP. Ansor hingga ke tingkat ranting,” ungkap Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sumberasih Edi Hariyanto kepada NU Online.

Lebih lanjut Edi menjelaskan bahwa program Kartanu ini merupakan program PBNU yang diselenggarakan dengan tujuan untuk melakukan sensus warga NU sehingga didapat data yang benar-benar valid dan akurat.

“Jika pelaksanaan program Kartanu ini bisa berjalan dengan sukses berarti kita juga turut ikut mendukung PBNU dalam upaya menata ulang keanggotaan NU yang tersebar di seluruh pelosok tanah air,” jelasnya.

Menurut Edi, seluruh pengurus NU dan warga NU wajib untuk ikut mendukung program PBNU dalam upaya mendata ulang warga Nahdliyin wajib. “PAC GP Ansor Kecamatan Sumberasih merasa memiliki kewajiban untuk menyukseskan program ini. Oleh karenanya kita akan terus melakukan sosialisasi hingga ke ranting-ranting agar program ini bisa sukses,” terangnya.

Edi juga mengaku telah meminta kepada segenap pengurus Pimpinan Ranting untuk ikut mensukseskan program ini dengan terus melakukan sosialisasi kepada warga NU hingga tingkatan paling bawah. Bahkan pihaknya meminta pengurus Ansor untuk  selalu mengambil inisiatif dalam memulai pemotretan untuk memberikan contoh dan motivasi pada Nahdliyin yang lain.

“Manfaat Kartanu ini banyak sekali, mulai dari untuk mengetahui jumlah keanggotaan NU di masing-masing tingkatan NU. Kartanu juga sangat penting untuk dimiliki oleh Nahdliyin sebagai bukti resmi warga NU. Apalagi Kartanu merupakan bentuk legalitas dan apresiasi kita kepada NU,” tegasnya.

Selain itu menurut Edi, pendataan melalui Kartanu ini memiliki arti yang sangat penting untuk penguatan organisasi dan warga NU. “Sudah waktunya seluruh anggota NU memiliki kartu anggota. Dengan demikian kita tahu data base kekuatan NU yang sebenarnya. Untuk itu program Kartanu ini perlu mendapatkan dukungan dari segenap komponen NU,” pungkasnya.

Redaktur     : Hamzah Sahal
Kontributor : Syamsul Akbar


Terkait