Daerah

Halal Bihalal NU Bojong Tegal, Diawali Manakib Syekh Abdul Qodir

Ahad, 16 Juli 2017 | 09:42 WIB


Tegal, NU Online
Warga Nahdliyin Desa Bojong Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal menggelar Halal bi Halal bersama pengurus NU dan Badan Otonomnya. Kegitan Halal bihalal yang dipandegani Fatayat dan Muslimat NU Ranting ini digelar di MDA Hidayatul Mubtadiin, Jum'at (14/7).

Dalam Halal bihalal kali ini ada suasana yang berbeda. Pasalnya sebelum kegiatan Halal bihalal diawali dengan pembacaan dzikir dan pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani.

Pembacaan Manaqiban dipimpin langsung Syuriyah Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Bojong,  KH Abdul Malik dan KH Abdul Ghofur didampingi para ustadz setempat.

Ketua Pimpinan Ranting Muslimat NU Bojong, Fatih Nur Laely mengatakan, pembacaan Manakib Syech Abdul Qodir Al-Jailani merupakan kegiatan rutin Muslimat dan Fatayat NU Ranting Bojong yang dilaksanakan setiap Jumat Kliwon. Kegiatan ini melibatkan seluruh jamaah dan Jam’iyah se Desa Bojong.

"Pada momentum Halal bihalal kali ini sengaja dibarengkan dengan Manakiban, kegiatan melibatkan 38 Jami’yah se Desa Bojong," ujarnya

Menurut Nur Laely, momentum Halal bihalal menjadi sarana membersihkan diri dari rasa benci kepada sesama dan menyingkirkan penyakit yang mengotori hati.

"Dalam momentum Halal bihalal ini marilah kita ganti kedengkian dengan  kelapangan jiwa, kita obati kesombongan dengan kerendahan hati dan kita buang permusuhan serta kita isi dengan persaudaraan," pungkasnya. (Hasan/Muslim Abdurrahman)


Terkait