Daerah

IPNU-IPPNU Ganding Kartinian dengan Khotmil Qur'an.

Sabtu, 22 April 2017 | 12:30 WIB

Sumenep, NU Online
Sama seperti di tahun-tahun sebelumnya di berbagai tempat, momentum hari Kartini selalu diwarnai dengan berbagai acara untuk memperingati hari lahirnya sosok yang menjadi figur inspirasi perempuan di Indonesia. 

Pengurus Pimpinan Anak Cabang  Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep menggelar khotmil Qur'an bersama Pengurus PAC dan Semua PK yang ada di kecamatan tersebut sebagai bentuk peringatan yang lebih efektif dan lebih bermanfaat sebagai putra-putri NU, pada pada Jum'at (21/04).

"Sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada sosok Kartini yang menjadi inspirasi bagi kaum perempuan di tanah air sampai saat ini, PAC IPNU-IPPNU Ganding merayakannya bersama kader-kader kami baik dari tingkat PAC hingga ke seluruh PK,” kata mahasiswa semester 6 ini. 

Perempuan yang akrab disapa Mbak Aien ini menambahkan bahwa dalam kegiatan ini memang dikemas dengan kegiatan yang lebih bermanfaat daripada sekedar seremonial dengan memakai baju kebaya. 

"Berbeda dengan kegiatan-kegiatan biasanya, kegiatan ini kami isi dengan khotmil Qur'an menghatam Al-Qur'an di hari Kartini bersama putra-putri NU," tandas Ainiyaturrahmah. 

Senada dengan yang disampaikan oleh ketua PAC IPPNU Ganding, Khotib selaku koordinator bidang pengembangan dakwah dan minat organisasi menambahkan, momentum hari Kartini ini diharapkan menjadi pemecut semangat perempuan-perempuan di tanah air terlebih perempuan di Kecamatan Ganding. 

"Meskipun sosok Kartini telah tiada, namun semangat dan perjuangannya tidak boleh mati di hati perempuan Indonesia terlebih Rekanita PAC IPPNU Ganding. Oleh karenanya momentum hari Kartini ini harus menjadi awal dari perubahan perempuan tanah air, Jadilah Kartini masa kini," ujarnya.

"Kegiatan Khotmil Qur'an ini merupakan kegiatan rutinan Jumat manisan, kebetulan kali berbarengan dengan hari terakhir Jum'at Rajab sekaligus bertepatan dengan hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April," tambahnya. 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut beberapa pengurus dari PAC terdekat dan Komandan Banser Ganding serta beberapa perwakilan OSIS yang sengaja diundang untuk mendekatkan diri para pelajar di lingkungan NU. (Vinanda Febriani/Mukafi Niam)


Terkait