Daerah

IPNU-IPPNU Tanamkan Calon Pemimpin dengan Nilai Perdamaian

Jumat, 23 Juni 2017 | 01:05 WIB

Pati, NU Online
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) PAC Margoyoso Pati  mengadakan pelatihan kepemimpinan melalui acara Gebyar Ramadhan dan Konferensi Pengurus Anak Cabang (Konferancab) (22/6) di Mushalla Pondok Pesantren Hamidiyah, Desa Bulumanis Kidul, Margoyoso Pati. 

Kegiatan ini berlangsung mulai pada pukul 09.00 WIB, diawali sambutan dari Ketua Majelis Wilayah Cabang (MWC) Margoyoso KH Muslih dan dihadiri beberapa tamu dari perangkat desa dan camat. Dilanjutkan dengan dialog terbuka. Panitia pelaksana menggandeng Peace-Santren Community, sebuah komunitas yang berdiri dari inisiatif para mahasiswa Pati yang aktif di bidang capacity building penyebaran nilai-nilai perdamaian, terutama bagi remaja dan mahasiswa khususnya di lingkungan pesantren. 

Melalui acara ini para pelajar diajak berdiskusi soal kepemimpinan yang disampaikan oleh Ahmad Khoirun Niam dan Lum’atun Nadzifah.

Kegiatan ini berlangsung meriah, karena penyampaian materi kepemimpinan dikemas dalam permainan dan analogi yang sederhana dan mudah ditangkap, serta diselipkan nilai-nilai perdamaian melalui konsep kepemimpinan yang islami, ramah dan partisipatif. 

“Pentingnya kita membahas kepemimpinan ini ialah dalam rangka Konferancab sendiri. Kami rasa penting kita belajar mengenai konsep kepemimpinan yang baik, supaya nantinya ketika peserta menjadi pemimpin, sudah ada bekal yang dibawa,” tutur ketua PAC IPPNU Magoyoso Farikhatun Nikmah. 

Dialog terbuka yang dibawakan oleh Peace-Santren Community cukup memberi gambaran bagi rekan dan rekanita PAC IPNU-IPPNU tentang pola pemimpin dan anggotanya. Rikza, salah satu peserta menyatakan “Pelajaran penting dari kepemimpinan adalah komunikasi yang baik antara pemimpin dan anggotanya. Dalam dialog ini, saya dijelaskan analogi ‘tuan rumah dan tamu’ untuk menghimpun jaringan dalam sebuah organisasi.”

Niam menjelaskan “Saya sangat senang bisa ber-silaturrahmi dengan rekan dan rekanita PAC IPNU-IPPNU Margoyoso, dalam konteks perkembangan organisasi pelajar dan kepemudaan. Moment ini cukup efektif untuk memperkuat jaringan keorganisasian pelajar, terutama untuk komunitas kami menyebarkan nilai-nilai perdamaian.” Red: Mukafi Niam 


Terkait