Daerah

Kader PMII Harus Progresif dan Jangan Berada di Menara Gading

Senin, 28 Mei 2018 | 19:02 WIB

Kader PMII Harus Progresif dan Jangan Berada di Menara Gading

Foto: Faika Muhammad

Bandung, NU Online 
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia PMII Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tengah mengadakan Rapat Tahunan Komisariat di Gedung PCNU Kota Bandung, di Jalan Sancang No. 8, Senin (28/5) hingga Selasa (29/5). 

Kegiatan bertema Berembuk Kembali untuk Menjadikan Komisariat UPI yang Lebih Progresif, Militan, egaliter yang Berlandaskan Ahlusunnah wal Jamaah ini diikuti puluhan mahasiswa yang terdiri dari pengurus .

Menurut Ketua PMII Kosiriat UPI Wildan Muhammad Qurtubi tema ini diambil oleh panitia dengan harapan kader-kader PMII UPI berpikiran progresif, berjiwa militan, egaliter dengan bingkai Ahlusunnah wal Jamaah. 

“Progresif yang diharapkan ialah agar kader-kader PMII harus berpikiran maju. Kader-kader PMII janganlah menjadi kader yang berdiri di menara gading yang ilmunya hanya dimanfaatkan untuk kepentingan ilmu. Namun ilmunya harus juga dapat diaplikasikan demi kemajuan nusa dan bangsa,” katanya. 

Sedangkan yang diharapkan dari jiwa militan dan egaliter, lanjutnya, ialah agar kader-kader PMII UPI harus pantang menyerah dalam membela kebenaran dan tegas sejak dalam pemikiran menolak kebathilan.

“Serta memandang semua orang setara. Tanpa membedakan status ekonomi, suku, golongan dan juga agama,” katanya.  

Ia menambahkan, berlandasakan Ahlusunnah wal Jamaah ialah agar kader-kader PMII UPI berpikiran keagamaan yang inklusif dan toleran. Bukan berpikiran keagaman yang ekslusif yang merasa diri paling benar dan melihat sesuatu dalam pandangan hitam dan putih.

Lebih lanjut, Wildan mengatakan, selama masa kepengurusannya telah banyak capaian prestasi yang telah diraih, meskipun begitu masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. 

Ia berpesan bahwa RTK tahun ini jangan dimaknai hanya merebutkan kekuasaan,tapi menjadi refleksi bagi seluruh kader untuk membawa PMII UPI menjadi lebih baik dan meyempurnakan perananya sebagai organisasi pengkaderan. 

RTK mengundang rektor UPI Asep Kadarohma, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Akademik Sholahudin, dan Direktur Kemahasiswaan Mupid Hidayat yang Pembina PMII UPI.

Di RTK tahun ini memiliki beberapa agenda yaitu laporan pertanggungjawaban ketua, pemilihan ketua baru untuk melanjutkan estafet kepemimpinan. (Anggi Muhammad Adha/Abdullah Alawi)  


Terkait