Daerah

MA Ma’arif Udanawu Siapkan Siswa Hadapi UN

Kamis, 14 Maret 2013 | 00:30 WIB

Blitar, NU Online
Menyongsong pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013, April mendatang, Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu, Blitar, mempersiapkan siswa kelas XII secara matang, baik materi maupun mental. Siswa digembleng agar sukses menghadapi UN dengan hasil maksimal.<>

Selain itu, para guru mengajak orang tua atau wali murid agar mendorong putra-putrinya bersemangat menghadapi UN melalui sosialisasi  dan motivasi sukses UN 2013.

Sosialisasi dan motivasi sukses UN 2013 digelar Rabu (13/3) dihadiri seluruh siswa kelas XII serta orang tua atau wali murid. Dalam forum silaturrahim yang dilangsungkan di kampus Madrasah Aliyah Ma’arif  di Jl. Raya Bakung Udanawu tersebut menghadirkan Kantor Kementrian Agama yang diwakili kepaa Mapenda, Syaichul Munin dan Kepala Dinas Pendidikan Romlan.

Ketua Yayasan Madrasah Aliyah Ma’arif NU Udanawu, Ahmad Zamrodji menyatakan, tahun ini ditargetkan kelulusan 100 persen seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, dengan aturan dan model soal UN yang berbeda dan dianggap lebih berat dari pada tahun sebelumnya, maka siswa harus mempersiapkan diri lebih matang lagi. 

“Ada sedikit kekhawatiran, namun kami yakin dengan persiapan baik pendalaman materi, motivasi, juga spiritual, anak-anak insyaalloh sukses menghadapi UN 2013 ini,’’ ujar Zamrodji yang kini juga menjabat sebagai ketua MUI Kabupaten Blitar itu.

Menurut Zamrodji, saat ini selain persiapan dari madrasah dan para siswa, maka juga diperlukan dukungan penuh dari para wali murid. Oleh sebab itu, dalam silaturrahim kemarin, sosialisasi sekaligus motivasi langsung dari Kepala Dinas Pendidikan Romlan dan Kasi Mapenda Syaikhul Munib.

“Anak-anak yang berada di pondok bisa kami arahkan secara penuh. Bagi yang tidak maka pengawasan ada pada orang tua. Tentunya peran orang tua sangat besar,’’ jelas mantan anggota DPRD PPP lebih dari 27 tahun itu.

Untuk kesiapan materi, siswa kelas XII yang berjumlah 284 telah mengikuti try out UN sebanyak lima kali. Kepala MA Ma’arif NU Udanawu, Edi Basuki menyatakan, try out untuk mengetahui kemampuan siswa setelah mengikuti pendalaman sejak Januari lalu.”Denganmotivasi langsung dari Kemenag dan Diknas, kami harapkan siswa lebih matang dan termotivasi,’’ harap Edi Basuki.

Madrasah Aliyah Ma’arif NU Udanawu saat ini menampung lebih dari 1200 siswa. Sebagai madrasah milik NU, track record-nya sudah tidak diragukan lagi, baik di bidang akademis maupun non akademis. 

Di bidang akademis, ratusan lulusan MA Ma’arif NU Udanawu 2012 langsung mendapatkan beasiswa dan diterima di perguruan tinggi negeri favorit. Sedangkan di bidang non akademis, berbagai prestasi  dari ekstra kurikuler yang ada. Seperti sepak bola, bola voli, pencak silat Porsigal ( Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat), Ju Jit Su, banyak meraih prestasi baik di tingkat lokal maupun regional dan nasional.

Selain itu, MA Maraif NU Udanawu, juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan madrasah lainnya. Dengan program 3 ini 1 menjadi keuntungan begi siswa yang menimba ilmu di madrasah ini. Sebab, anak mendapatkan kemampuan agama yang lebih, pengetahuan umum seperti ditingkat MA dan SMA,, serta keterampilan sepadan dengan SMK.

“Kami bekerjasama dengan balai latihan kerja. Sehingga siswa juga dibekali keterampilan otomotif, listrik, computer, menjahit dan lainnya,’’ tambah Edi Basuki.





Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Imam Kusnin


Terkait