Daerah

Mbah Siti Chalimah Rembang, Salah Satu Murid Sunan Bonang

Ahad, 21 Agustus 2016 | 01:00 WIB

Mbah Siti Chalimah Rembang, Salah Satu Murid Sunan Bonang

Suasana makam Mbah Siti Chalimah

Rembang, NU Online
Mbah Siti Chalimah begitu orang menyebutnya. Konon ia adalah salah satu murid dari Raden Makdum Ibrahim alias Sunang Bonang Tuban. Makamnya terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, kurang lebih 100 meter sebelah selatan bibir pantai utara.

Makam Mbah Siti Chalimah dahulu diperkenalkan oleh KH Imam Kholil bin Syuaib Sarang pada tahun 1969 M. Berawal dari situlah masyarakat mengenal sosok Mbah Siti Chalimah sebagai salah satu murid dari Sunan Bonang.

Sesepuh Desa Tanjungan, Mbah Sujarwo membenarkan hal ini. Menurutnya, dulu peringatan haul Mbah Siti Chalimah digelar secara kecil-kecilan. Tapi sekarang peringatannya dengan pengajian umum yang dihadiri ribuan orang.

Makam yang terletak di depan halaman masjid Desa Tanjuangan Kragan ini diapit oleh dua pohon besar. Di bagian samping makam juga terletak sumber mata air yang konon tidak pernah habis.

"Dulu cerita dari para sesepuh bahwa makam ini telah ada seperti itu. Tidak tahu asal mulanya siapa yang membangun atau tahun kapan. Diperkirakan adanya makam ini adalah semasa Sunan Bonang," terangnya saat ditemui NU Online dalam peringatan haul, Sabtu (20/8/2016) pagi.

Dari keterangan Mbah Sujarwo, KH Imam Kholil bin Syuaib putra dari KH Syuaib dan Nyai Hj Sa'idah yang merupakan salah satu menantu dari KH Ghozaly bin Lanah (Pendiri Pesantren Sarang), menerangkan bahwa Mbah Siti Chalimah merupakan salah satu murid dari Sunan Bonang. Ia adalah abdi dalem Sunan Bonang bersama dengan Syeikh Abdur Rohman Desa Kebloran Kragan.

"Banyak sekali orang dari luar kota yang tawassul di makam Mbah Siti Chalimah ini. Biasanya kalau permohonan mereka dikabulkan Allah, mereka mengadakan syukuran motong ayam atau kambing dan dimakan bersama dengan masyarakat sekitar," ujar Mbah Sujarwo yang kini berusia 61 tahun tersebut. (Aan Ainun Najib/Mahbib)
 



Terkait