Daerah

Minimart KIMONU Perdana Diresmikan di Pesantren Al-Alawiyah Bogor

Rabu, 23 Januari 2019 | 12:45 WIB

Bogor, NU Online
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bogor Ifan Haryanto meresmikan minimart Kios Model NU (KIMONU) pertama di Pondok Pesantren Al-Alawiyah, Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (23/1). KIMONU merupakan salah satu Program Pemberdayaan Ekonomi yang digagas PWNU Jawa Barat.

Program KIMONU dimotori oleh Ketua Pengurus Wilayah (PWNU) Jabar KH Hasan Nuri Hidayatullah. KIMONU menjual ratusan item kebutuhan sehari-hari yang biasa dijual minimart seperti teh, gula, kopi, sabun, snack dan barang keseharian lainnya yang diperlukan oleh santri serta rumah tangga.

Peresmian ini sendiri ditandai dengan pemotongan pita oleh para pengurus PCNU. Dalam sambutannya Ifan berharap bahwa KIMONU bisa menjadi model pemberdayaan ekonomi Pondok Pesantren, sebagai salah satu benefit center (sumber penghasilan) serta meningkatkan kemandirian pesantren. 

"Sudah banyak Pesantren di Bogor yang menyampaikan minat untuk membuka KIMONU, dan ia juga mendorong agar di setiap MWCNU bisa dikembangkan setidaknya satu unit KIMONU," tambahnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Alawiyah, yang juga sekaligus Wakil Ketua PCNU Kota Bogor, KH Muhammad Alwi berharap KIMONU yang baru diresmikan di pesantrennya tersebut bisa menjadi inspirasi bagi tiap MWC NU di wilayah Bogor. (Anam/Ahmad Rozali)


Terkait