Daerah

MINU Wali Songo Ajarkan Wirausaha Tempe

Ahad, 24 Februari 2013 | 06:02 WIB

Bojonegoro, NU Online
Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Unggulan Wali Songo, Sumuragung, Sumberrejo tanamkan jiwa enterpreneur kepada siswa-siswinya dengan mengelola kedelai menjadi tempe.<>

Sabtu (23/02) pukul 10.30 WIB siswa-siswi kelas atas madrasah yang baru memiliki 123 siswa ini berkumpul menggerombol di saat adik-adik kelas mereka melaksanakan kegiatan pembiasaan dan pengembangan minat dan bakat yang memang dilaksanakan pada setiap hari Sabtu.

Dipandu oleh Ahsanul Amilin yang menjadi wali kelas mereka, siswa-siswi kelas 5 (lima) tersebut mendengarkan dengan seksama pemaparan urutan cara membuat tempe. Pemaparan oleh guru yang juga menjabat sebagai sie kesiswaan tersebut dilakukan di ruang berbeda dari kelas mereka, hal ini demi menghindari kegaduhan informasi dari ruang PMB (pengembangan minat dan bakat) yang hari itu juga berlatih drumband.

Tampak masing-masing kelompok langsung terjun mencari posisi air setelah mendapat penjelasan urutan membersihkan, memasak dan membungkus kedelai sehingga menjadi tempe dari guru yang baru 2 (dua) tahun ini menjadi tenaga pendidik tetap minu walisongo itu.

“Sangat menyenangkan bisa meremes-remes kedelai ini, sangat tidak sabar untuk segera memasaknya dan proses peragian serta pengemasannya,” ujar Fitriana Imroatul Azizah, yang dalam kelompoknya kebagian membawa kompor beserta elpijinya.

“Kami berusaha menggali dan mengembangkan jiwa usaha mereka. Hal ini tidak terlepas dari geografis minu yang dekat dengan pusat jasa dan usaha. Semoga kelak mereka mampu menjadi pioneer dalam berwirausaha,” pungkas guru yang sehari-hari nyaman mengenakan sepatu kets daripada sepatu vantofel itu.


Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Nasihul Huda


Terkait