Daerah

MTsN Paiton “Bertabur Bintang”

Selasa, 11 Juni 2013 | 01:38 WIB

Probolinggo, NU Online
Beragam prestasi gemilang diukir oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Paiton, Kabupaten Probolinggo di tahun pelajaran 2012-2013 ini. Dari gelaran ujian nasional (UN), selain 109 siswanya dinyatakan lulus 100 persen, dua diantaranya berhasil meraih peringkat 1 dan 2 nilai UN terbaik jenjang MTs se-Kabupaten Probolinggo.<>

Mereka adalah Happy Nabila el-Shofi, putri dari Drs. Utsman Kaharuddin, M.Pd., Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pajarakan dengan nilai 37, 90 dan Sabrina Ayu Lazuardi putri M. Wardi S. Sos., dengan nilai 36,35.

Happy Nabila el-Shofi yang akrab dipanggil Happy ini memang terbilang istimewa dan memiliki banyak talenta. Kepala MTsN Paiton Drs. Sugiyo, M.Pd., mengatakan, bagi Happy, meraih nilai UN tertinggi se-Kabupaten Probolinggo, bukanlah suatu kebetulan.

“Anaknya memang cerdas dan selalu menjadi bintang kelas. Selain itu, Happy juga hafal Alquran juz 30 dan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang tidak diragukan lagi,” katanya ketika ditemui NU Online, Senin (10/6).

Menurutnya, Happy juga berhasil mempersembahkan prestasi lain bagi MTsN Paiton. Di antaranya, lomba menulis cerpen Islami, cerdas cermat, mading 3 dimensi, dan beragam prestasi membanggakan lainnya.

Sementara itu, dalam lomba IT (Informasi dan Teknologi) tingkat Kota/Kabupaten Probolinggo, MTsN Paiton berhasil jadi juara umum dalam bidang media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash.

Lomba yang digelar di SMK Nurul Jadid, Paiton itu, Inneke Rahayu Sulistiawati, putri dari Kamari merebut juara I; Bagus Abdillah putra dari Abdul; dan Hasan Saifurrizal, putra dari Saifullah masing-masing meraih juara II dan III. Serta, Siti Hajar Aprilianti, putri dari Toasan mendapatkan juara harapan I.

Prestasi itu diraih berkat dukungan guru yang berkompeten dibidang IT dengan sarana pembelajaran yang lengkap. Seperti, wifi dan ruang kelas ber-AC. Program kelas IT merupakan program yang mengikuti kurikulum Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan memasukkan materi tentang IT. Seperti, TKJ (Teknologi Komputer Jaringan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Salah satunya adalah PHP (program web), Multi Media (MM), Macromedia Flash, dan video editing.

“Jadi, selain mendalami materi di program kelas lain. Siswa juga dibekali keterampilan teknologi informatika, sebagai bekal masa depan untuk bersaing di dunia teknologi. Program kelas IT merupakan program excellent class di bidang IT, di MTsN Paiton. Kelas ini baru berjalan 2 tahun. Namun, prestasinya sangat membanggakan,” jelas Sugiyo.

Selain itu, tim Insan Cendekia MTsN Paiton juga menorehkan prestasi di tahun ini. Mereka meraih juara II tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Probolinggo dalam lomba mading 3 dimensi yang diadakan oleh PCNU Kota Kraksaan.

“Tidak salah jika MTsN Paiton dikatakan bertabur bintang. Sebab, pada event sebelumnya MTsN Paiton juga jadi juara umum di ajang KSM (Kompetisi Sains Madrasah) dan juara umum Porseni 2013 tingkat Kabupaten Probolinggo,” pungkas Sugiyo.



Redaktur     : A. Khoirul Anam
Kontributor : Syamsul Akbar


Terkait