Daerah

Pelajar Muda Nahdliyin Coba Berkontribusi bagi Masyarakat Cilongok

Rabu, 21 Juni 2017 | 10:26 WIB

Purwokerto, NU Online
Puasa Ramadhan seperti biasa banyak dimanfaatkan masyarakat, OKP, ormas dari berbagai daerah dengan beragam kegiatan. Salah satunya PK IPNU IPPNU Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif NU 1 Cilongok, Kabupaten Banyumas, menggelar ABR III (Amaliah Bakti Ramadhan) dengan tema Peran Pelajar Nahdliyin untuk Masyarakat di Dusun Menggala Desa Karangtengah, Kamis–Selasa (15-21 Juni).

Ketua IPNU Komisariat MA Ma’arif NU 1 Cilongok, Rizqo Abdillah menyampaikan momentum puasa Ramadhan tahun ini diisi dengan kegiatan ABR III. Kegiatan ABR ini merupakan program tahunan, jadi setiap kepengurusan wajib menyelenggarakan kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian dan kontribusi pada masyarakat. 

ABR III kali ini dilaksanakan selama enam hari, “Kami menyuguhkan beragam kegiatan seperti mengaji bersama anak Madin/TPQ, perlombaan keagamaan, plangisasi masjid/mushalla, pemasangan papan imbaun, penyuluhan pertanian, sosialisasi narkoba, pelatihan pembuatan sabun cuci piring, dan masih ada beberapa lagi kegiatan. Semua perlombaan bertemakan keagamaan,” ujar Rizqo

Dalam penuturannya, Yanuar Reza Gufroni selaku Pembina IPNU komisariat MA Ma’arif NU 1 Cilongok menyampaikan kegiatan ABR ini merupakan pengalaman pribadinya selama mengikuti organisasi di perguruan tinggi. “Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan positif sehingga saya menginisiasi di IPNU-IPPNU khususnya di MA Ma’arif NU 1 Cilongok,” terangnya. 

Ia menegaskan, menjadi kewajiban kader muda Nahdliyin untuk berkontribusi nyata untuk masyarakat. “Saya juga sampaikan ke beberapa perusahaaan, instansi, lembaga dan pemangku kepentingan terkait guna ikut mensukseskan kegiatan ABR III ini,” paparnya. 

Emi Kurniasih, selaku pembina IPPNU juga mengamini dampak positif kegiatan ABR ini. “Saya sangat mendukung program ini, sekalipun saya dengan kondisi hamil tetapi saya akan tetap mengawal, membina dan mendampingi anak-anak. Bagaimanapun mereka masih anak-anak yang perlu pembinaan,” ujar Emi.

Sementara itu, kepala MA Ma’arif NU 1 Cilongok M. Asror Sa’bani menyampaikan pesan bahwa kegiatan ABR yang ketiga kali ini didukung penuh. 

“Ini kegiatan nyata bentuk partisipasi dan kontribusi pelajar NU untuk masyarakat. Jadi saya selaku pemangku kebijakan di madrasah ini akan terus mendukung segala kegiatan yang berdampak positif bagi masyarkat. Bentuk dukungan nyata dari madrasah adalah dengan menganggarkan dana untuk kegiatan ini.” 

Selain itu, ia juga mengintruksikan kepada seluruh guru dan karyawan untuk ikut menjadi donatur kegiatan ABR III ini. “Bahkan jajaran pengurus dan komite juga menjadi sasaran donatur,” ujar Asror.”

Secara khusus Asror juga mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya kegiatan ABR III ini, tetap menjaga kesehatan dan kondisi di mana daerah Menggala ini berada di kawasan perbukitan Curug Cipendok Karangtengah di mana cuaca sangat dingin. (Aji Supriyanto/Mukafi Niam)


Terkait