Daerah

Ratusan Santri Pekalongan Bersih-bersih Kali Loji

Kamis, 25 Oktober 2018 | 10:00 WIB

Ratusan Santri Pekalongan Bersih-bersih Kali Loji

Santri Pekalongan bersih-bersih Kali Loji

Pekalongan, NU Online
Ratusan santri dari berbagai pesantren di Kota Pekalongan melakukan aksi bersih-bersih Kali Loji, Jumat (19/10) pagi. Kegiatan ini bertajuk “Peduli Lingkungan, dan merupakan bagian dari rangkaian Gebyar Hari Santri Kota Pekalongan Tahun 2018.

Sedikitnya 350 santri itu melakukan resik-resik bersama anggota Polri dari Polres Pekalongan Kota, anggota TNI dari Kodim 0710/Pekalongan dan Pos TNI AL Pekalongan, BPBD, Satpol PP, Lingkungan Hidup, perwakilan OPD Pemkot Pekalongan, Komunitas Peduli Kali Loji, dan para relawan lainnya. Mereka bergotong royong membersihkan sampah di permukaan sungai maupun sepanjang bantaran sungai.

Kegiatan diawali dengan Apel Santri di halaman Mapolres Pekalongan Kota. Tampak hadir pula di kegiatan ini, Wali Kota Pekalongan M Saelany Machfudz, unsur forkompinda, serta Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan yang juga pengasuh Pesantren Al-Mubarok Medono, KH Zakaria Anshor.

Wali Kota HM Saelany Machfudz mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. “Ini salah satu bakti masyarakat, khususnya kalangan santri, bersama segenap elemen. Mudah-mudahan ini dilaksanakan rutin terus menerus tidak sebatas seremonial semata. Kebetulan saya juga dari pesantren, ke depan akan kita gerakkan kegiatan semacam ini oleh para santri,” katanya.

Ketua Panitia Gebyar Hari Santri Kota Pekalongan 2018, Abdul Kholid Ma’rufi kepada NU Online di sela-sela persiapan Pentas Seni Santri, Kamis (25/10) menjelaskan, kegiatan bersih-bersih kali loji salah satu wujud kepedulian para santri kepada lingkungan. 

“Agar kebersihan tidak hanya sekadar slogan tetapi juga diwujudkan dalam aksi nyata. Ini merupakan rangkaian agenda peringatan Hari Santri 2018," jelasnya.

Ma’rufi menambahkan, selain Santri Peduli Lingkungan, Hari Santri 2018 di Kota Pekalongan juga dimeriahkan dengan jalan sehat kebangsaan, seminar multimedia, dan festival PAUD Islami. Sedangkan istighotsah dan pentas seni santri berlangsung Kamis (25/10) malam ini di Lapangan Mataram Kota Pekalongan. (Muiz)


Terkait