Daerah

Sambut Bulan Sya'ban JQH Depok Gelar Semaan Al-Qur'an

Ahad, 30 April 2017 | 16:27 WIB

Depok, NU Online
Menyambut bulan Sya'ban, Jamiyyatul Qurro' wal Huffadz (JQH) Kota Depok menggelar acara semaan Al-Qur'an 30 juz (baca Al-Qur'an tanpa teks-red) sebagaimana disampaikan oleh Ketua JQH Depok Ust. Imam Nafi, Ahad (30/4). 

Menurutnya, dalam bulan Sya'ban ini diisi dengan latihan membaca Al-Qur'an dan ibadah lain untuk menyongsong Ramadhan. 

"Di bulan Sya'ban ini sebagai upaya latihan fisik dan mental untuk membiasakan diri dalam membaca Al-Qur'an. Supaya tidak kaget saat bulan Ramadhan, sebab Ramadhan adalah bulan Al-Qur'an. Harapannya bisa memberikan banyak manfaat dan keberkahan. Kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai program rutin di beberapa titik," ujarnya di MT. Nurul Mubtadiin, Bojong Pondok Terong, Cipayung, Ahad.

Wakil Rais Syuriyah PC NU Kota Depok KH Harirudin mengaku sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan dibacakannya Al-Qur'an maka bagi pembaca, pendengar dan tempat itu akan mendapatkan berkah. 

"Semaan Al-Qur'an sangat tepat dan bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa bulan Rajab untuk mensucikan badan, bulan Sya'ban untuk mensucikan hati dan bulan Ramadhan untuk mensucikan ruh atau jiwa,"paparnya. 

Ketua PCNU Kota Depok KH R. Salamun Adiningrat mengapresiasi acara semaan. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat tepat dengan Kota Depok yang religius. 

"Semaan Al-Qur'an seharusnya bisa menjadi tradisi. Terlebih lagi, sesuai dengan visi Kota Depok yang religius. Kalau sebelumnya ada gerakan baca Al-Qur'an, mereka ini adalah para hafidz (penghafal Al-Qur'an 30 juz-red),"paparnya. (Aan Humaidi/Mukafi Niam)


Terkait