Daerah

Siapkan Pasukan Posko Lebaran, Ansor Tarub Kaderisasi Banser

Senin, 12 Juni 2017 | 21:31 WIB


Tegal, NU Online
Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Tarub, Tegal menggelar pra Orientasi ke-Banser-an. Hal ini sebagai upaya mencari bibit unggul  kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dilingkungan Ansor setempat serta menyiapkan personil penjaga posko lebaran.

Kegiatan yang dihelat, Ahad (11/6) di Desa Bulakwaru Kecamatan Tarub itu berlangsung selama 3 jam, dimulai jam 14.00 sampai jam 17.00 WIB dan dilanjutkan dengan pengajian rutin bulanan Ansor.

Ketua PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Tarub,  Haryono  mengatakan orientasi ke Banser an dimaksudkan untuk mengenalkan tentang Banser kepada calon anggota yang masih anyar.

“ Orientasi ini sebagai pengenalan bagi kader Ansor dan Banser anyar, agar mereka mengenal lebih dalam apa itu Banser sebagai pasukan inti Ansor,” katanya. 

Dikatakan Haryono,  meski kegiatan ini tidak ada dalam PO GP Ansor maupun Banser, namun PAC Ansor Tarub melaksanakan ini agar ada re-generasi anggota Banser. 

"Nantinya kegiatan ini akan di follow up dengan mengadakan Diklatsar Banser dalam waktu 6 bulan ke depan,” terang Haryono

Dia melanjutkan, kegiatan pra orientasi Banser juga untuk menjaring anggota yang akan diterjunkan menjaga posko lebaran Banser GP Ansor Kecamatan Tarub.

"Seperti diketahui, bahwa Tarub adalah salah satu titik pintu keluar jalan Tol Fungsional sementara, sehingga dipastikan lalu lintas akan semakin padat. Oleh karena itu Satkorcab Banser Tegal menunjuk PAC GP Ansor Tarub sebagai salah satu posko dari 14 posko di Kabupaten Tegal," bebernya.

Sementara itu, Satkorcab Banser, Untung Sudargi selaku pemateri orientasi mengemukakan, bahwa Banser adalah pasukan inti dari Ansor. Banser merupakan benteng penjaga ulama. 

"Menjadi anggota Banser harus diniati ikhlas, mengharapkan berkah dari Allah SWT. Seperti yang dicontohkan,  Habib Luthfi. Beliau sangat cinta kepada Banser, bahkan beliau rela untuk terjun langsung mengatur lalu lintas dengan pakaian banser karena kecintaannya kepada Banser," paparnya. (Hasan/ Muslim Abdurrahman)


Terkait