Daerah

Silaturrahmi, Amalan yang Dianjurkan Islam

Rabu, 31 Mei 2017 | 07:20 WIB

Banyuwangi, NU Online
Islam adalah agama yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik. Amalan dalam islam tidak hanya berupa ibadah seperti shalat wajib maupun shalat sunnah, puasa, dan zakat. Dengan menjalin silaturahmi juga merupakan nilai-nilai amalan yang sangat dianjurkan dalam agama islam.

Hal pembuka ini diutarakan oleh Ketua Takmir Masjid Nur Yasin Fatimah, Imron Rosyadi dalam acara Safari Ramadhan yang diinisiasi oleh pemerintah Kecamatan Banyuwangi, di Masjid Nur Yasin Fatimah Jl. Nuri No.52, lingkungan Krajan, Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi. Selasa (30/05) malam.

Satu diantara hikmah dari silaturahmi adalah dipanjangkan umur dan diluaskan rezekinya, kata Imron.

"Hal ini sesuai dengan hadist nabi, barangsiapa yang ingin diluaskan rezeki dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi. Untuk itu saya tegaskan mari kita tingkatkan lagi silaturahmi bersama keluarga dan kerabat meski di tengah-tengah kemajuan teknologi," tegas salah satu bagian dari pengurus LAZISMWC NU Kecamatan Banyuwangi di hadapan ratusan warga nahdliyin yang hadir.

Dengan ibadah silaturahmi ini, lanjutnya, nantinya akan menunjang kekokohan ukhwah basyariyah dan wathaniyah.

"Sekali lagi saya katakan, kita tidak bisa menafikan kemajuan teknologi media sosial untuk konteks saat ini. Justru ini akan menjadikan peluang dalam peningkatan persaudaraan. Saya yakin dengan terus meningkatnya kualitas persaudaraan, akan berbanding lurus dengan meningkatnya perdamaian, toleransi, keharmonisan sosial kemasyarakatan kita dalam berbangsa dan bertanah air di bumi pertiwi," jelas Imron di hadapan jajaran camat, Danramil,kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Banyuwangi, dan Kepala Kelurahan Pakis beserta jajarannya.

Senada hal di atas, Camat Banyuwangi Yusdi Irawan menyampaikan, dalam agenda safari selama bulan Ramadhan INI merupakan terobosan pendekatan antara pemimpin dan rakyatnya.

"Sangat sulit pemimpin mengetahui kondisi rakyatnya, jika atasan tidak pernah Turun ke bawah (Turba) di kalangan masyakarat. Untuk itu, saya menilai agenda Safari Ramadhan ini sangat perlu dilakukan," jelas Yusdi.

Safari Ramadhan ini, kata yusdi, juga sebagai alat untuk sosialisasi program pemerintah kepada masyarakat.

"Dengan adanya soliditas komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat, masyarakat akan mampu proaktif untuk terus memantau dan sekaligus mensukseskan agenda-agenda pemerintah," tutup Yusdi

Masjid Nur Yasin Fatimah merupakan media dakwah Nahdliyin di lingkungkan Krajan, Kelurahan Pakis. Dan masjid ini merupakan wadah sekretariat Nahdlatul Ulama beserta banom-banomnya di tingkatan ranting. (M. Sholeh Kurniawan/Mukafi Niam)


Terkait