Daerah

Siswa Madrasah Ikuti Lomba Fashion Tradisional

Kamis, 25 April 2013 | 03:01 WIB

Probolinggo, NU Online
Puluhan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatussibyan DesaSebaung Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo menggelar rangkaian peringatan Hari Kartini, Selasa (23/4). Beragam kegiatan digelar mulai dari lomba fashion tradisional hingga merias wajah.<>

Pantauan NU Online, puluhan siswa-siswi yang bersekolah di Jalan PG Gending itu terlihat sangat antusias mengikuti lomba. Mereka terlihat senang dengan teman-temannya yang memperagakan busana daerah. Tidak ketinggalan mereka juga bercanda dengan teman yang menjadi pasangannya dalam fashion tradisional tersebut.

Selain peragaan busana, lomba merias wajah untuk para siswi juga digelar. Para siswi merias wajahnya dengan mata tertutup. Alhasil, hasil riasan mereka malah berantakan dan hanya terlihat seperti mencoret-coret wajahnya. Mendapati hal ini, baik guru maupun siswa yang lain pun terlihat menahan tawa karena ulah mereka.

Lomba fashion tradisional sendiri diikuti oleh 60 siswa yang merupakan perwakilan masing-masing kelas sebanyak 10 siswa. Mereka berjalan melenggak-lenggok layaknya model terkenal. Meskipun polos, namun aksi mereka mampu memberikan hiburan dalam menyemarakkan peringatan Hari Kartini tahun 2013. 

“Wanita mempunyai potensi yang sama dengan kaum laki-laki, dengan catatan wanita Indonesia tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang wanita. Lomba ini digelar dengan tujuan untuk menghargai dan meneladani perjuangan RA Kartini yang menjadi insprirasi hingga sekarang,” ujar Muslimin Saba’, salah satu dewan guru MI Tarbiyatussibyan kepada NU Online.

Menurut Muslimin, dengan diadakannya peringatan Hari Kartini ini paling tidak siswa-siswi generasi muda calon pemimpin masa depan data mengenal dan menghargai jasa-jasa para pahlawannya sehingga menjadi motivasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Kami berharap dengan digelarnya lomba ini siswa mampu meneladani perjuangan RA Kartini untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya tidak hanya sekedar lomba dan seremonial belaka. Namun ada hal lain yang dapat menjadi inspirasi para siswa,” jelasnya.


Redaktur     : A. Khoirul Anam
Kontributor : Syamsul Akbar


Terkait