Daerah

Syiar Ramadhan, Muslimat NU Probolinggo Gelar Khotmil Qur’an

Ahad, 18 Juni 2017 | 18:22 WIB

Probolinggo, NU Online
Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Probolinggo menggelar Khotmil Qur'an, Jum’at (16/6) di Kantor PCNU setempat. Khotmil Qur’an dalam rangka menyemarakkan bulan puasa Ramadhan dihadiri PW Muslimat NU, Hj. Anisah Syakur.

Agenda rutin setiap tahun pada bulan suci Ramadhan ini diikuti oleh 45 Pengurus Cabang dan Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU se-Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai kegiatan syiar Ramadhan, syiar Islam dan syiar Muslimat NU di Kabupaten Probolinggo.

Khotmil Qur’an ini dilakukan dengan cara bergantian dan dibagi sesuai dengan surat  Al-Qur’an serta ayat yang dibacakan masing-masing. Sehingga tiap-tiap pengurus mendapatkan giliran.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo Hj Nurhayati menyampaikan tentang fadhilah dari bulan puasa Ramadhan, serta hal-hal yang membatalkan puasa, kewajiban puasa, fadhilah sholat Taraweh, tadarus serta kewajiban shodaqoh dan zakat.

“Manfaat syiar Ramadhan ini pastinya diharapkan lebih meningkatkan amal ibadah kita menjadi lebih baik serta menumbuhkan nilai sosial serta kepedulian terhadap sesama muslim yang kurang mampu,” katanya.

Menurut Nurhayati, Khotmil Qur’an ini bisa menjadi syiar Islam yang sangat besar fadilahnya dibulan suci Ramadhan karena semua umat Islam pastinya sama-sama melaksanakan puasa sebagai kewajiban umat Islam. Diaman pahala yang berlimpah di bulan penuh berkah ini dilakukan untuk berjuang memerangi hawa nafsu serta mencari sebesar-besarnya pahala serta ampunan menuju kemenangan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu syiar Muslimat NU dalam memperkuat organisasi, meningkatkan perannya di masyarakat, memperkokoh nilai persaudaraan dan silaturahmi serta menjaga ukuwah Islamiah agar organisasi Muslimat NU mampu memberikan dampak  besar terhadap anggotanya, baik ekonomi, pendidikan, kesehatan serta bidang yang lainnya,” tegasnya.

Sementara Pengurus PW Muslimat NU Provinsi Jawa Timur Hj Anisah Syakur menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai wujud komitmen bersama sebagai pengurus Muslimat NU untuk membesarkan NU ke depan,” katanya.

Hj Anisah Syakur juga menyampaikan pesan bahwa maraknya kekerasan ditengah masyarakat terutama dikalangan anak-anak dan remaja perlu mendapat perhatian. Karenanya diharapkan agar pengawasan, pengasuhan serta penanaman akhlakul karimah untuk terus diberikan motivasi bagi para orang tua, guru, pendidik, dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat agar menghasilkan pribadi anak menjadi lebih baik.

Disamping dihadiri Pengurus Pimpinan Wilayah Muslimat NU Provinsi Jawa Timur sekaligus Ketua Korda Muslimat NU Malang Hj. Anisah Syakur, Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo Hj Nurhayati kegiatan Khotmil Qur'an juga dihadiri segenap pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU se-Kabupaten Probolinggo. (Syamsul Akbar/ Muslim Abdurrahman)


Terkait