Daerah

Turun Jalan, Bupati Dan Ketua Ansor Probolinggo Bagikan 12 Ribu Paket Buka Puasa

Sabtu, 24 Juni 2017 | 19:26 WIB


Probolinggo, NU Online
Memasuki akhir bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo membagikan sedikitnya 12 ribu paket buka puasa kepada para pengguna jalan, Rabu hingga Jum’at (21-23/6) sore. Bagi-bagi paket buka puasa dipimpin langsung oleh Bupati Probolinggo Hj Puput Tantriana Sari.

Pembagian yang dilakukan menjelang waktu berbuka ini dipusatkan di pertigaan Kecamatan Besuk, pertigaan Desa Klenang Kecamatan Banyuanyar dan pertigaan depan Pasar Bantaran Kecamatan Bantaran. Masing-masing disediakan sebanyak 4 ribu paket buka puasa.

Bupati Probolinggo yang juga Dewan Penasehat Muslimat NU Kabupaten Probolinggo Hj  Puput Tantriana Sari didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo. Serta Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo Muchlis dan Komandan Satkorcab Banser Kabupaten Probolinggo Adimas Lutfi Putra Jaya.

Pembagian paket buka puasa ini disambut sangat antusias oleh para pengguna jalan yang sedang melintas. Tidak hanya sekedar membagikan, Tantri juga melakukan dialog dengan beberapa pengguna jalan. Dalam waktu sekejab, ribuan paket buka puasa tersebut sudah ludes.

Usai membagikan paket buka puasa, Tantri juga meninjau aneka makanan dan minuman (mamin) yang disediakan oleh pedagang takjil. Para pedagang takjil tersebut ketiban rejeki, pasalnya beberapa mamin langsung diborong.

Selanjutnya Tantri langsung menuju masjid kecamatan untuk melakukan buka puasa bersama ratusan kaum dhuafa. Sekaligus menyerahkan ratusan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Tantri mengungkapkan bahwa pembagian paket buka puasa ini memiliki makna bagaimana sebagai umat Islam mampu memaksimalkan diri dalam ibadah tidak hanya terkait dengan ibadah wajib melaksanakan puasa, tetapi ibadah lain yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Melalui momentum bulan suci Ramadhan 1438 H ini, saya mengajak kepada seluruh aparat dan masyarakat, selain berbenah diri tetapi juga ada implementasi bagaimana menjalin hubungan kita kepada masyarakat. Salah satunya berbagi kepada sesama pada momentum bulan suci Ramadhan,” katanya.

Dengan kegiatan ini Tantri mengharapkan agar nantinya bisa melatih untuk ikhlas bagaimana belajar dan mampu berbagi dengan sesama. “Semoga apa yang kita lakukan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat. Sekaligus bisa memberikan inspirasi untuk berbagi kepada masyarakat,” harapnya. (Syamsul Akbar / Muslim Abdurrahman)


Terkait