Nasional

12 Calon Pastor Nyantri di Tebuireng

Ahad, 29 April 2012 | 09:38 WIB

Jombang, NU Online
Sebanyak 12 Calon Pastur dari Asia Tenggara Nyantri di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Mereka akan tinggal selama 4 minggu untuk mempelajari Islam dan Budaya yang dibangun pendiri ormas terbesar NU Hadhorotus Syeikh KH Hasyim Asyari.<>

Mereka juga terlihat berbaur dengan ribuan peziarah yang memadati makam Gus Dur. “Ini untuk yang keduakalinya semenjak Gus Dur meninggal, beberapa calon pastur belajar di sini (PP Tebuireng),” ujar Pengasuh PP Tebuireng KH Sholahudin Wahid, Ahad (29/4).

Adik kandung presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid ini mengatakan, para calon pastor ini juga akan mengunjungi beberapa pondok pesantren di Jombang  sebagai referensi keislaman khusunya terkait NU.

”Menginapnya memang di sini, namun tidak hanya Tebuireng ini. Beberapa pondok pesantren juga akan mereka datangi,” imbuhnya seraya mengatakan pihaknya mempersilahkan siapa saja untuk belajar di pesantren yang kini diasuhnya.

Sementara itu,  12 calon pastur, yakni HenryPonce (Philipina), Manasan Wong (thailand) kedua nya berasal dari Sekolah Kepasturan Atheno de Manila University, sedangkan empat  lagi berasal dari Saint Francis Xavier Major Seminary Mindanao adalah Jefri Mirasol( Philipine), Mark Ivan Monjarding (Philipine), Jemeuel Tadanon (Philipine), Sigit Wibowo (indonesia) Sr Krista (indonesia) Elisa (Indonesia) kemarin terlihat berbaur dengan ribuan peziarah yang memadati makam Gus Dur.  

Ribuan peziarah dari berbagai derah memadati makam Gus dur yang terletak di Komplek PP Tebuireng Jombang.   “ Kita sangat terkesan dengan banyaknya pengunjung yang datang (berziarah), bagaiaman cintanya para pengikut Gus ini,” ujar Mark Ivan asal Philipine.



Redaktur      : Syaifullah Amin
Kontributor : Muslim Abdurrahman


Terkait