Nasional

Istighotsah Akbar, Ribuan Nahdliyin Penuhi Masjid Istiqlal

Ahad, 14 Juni 2015 | 06:33 WIB

Jakarta, NU Online
Ribuan Nahdliyin memadati masjid Istiqlal dalam rangka Istighotsah dengan mengambil tema ‘Memelihara Tradisi Rohani, Menjaga Keutuhan Negeri untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan pembukaan Munas Alim Ulama NU, Ahad (13/6) yang akan digelar di Gedung PBNU Kramat Raya Jakarta.<>

Warga NU dari Jabodetabek dan berbagai daerah telah memenuhi masjid terbesar di Asia Tenggara itu sejak pagi. Dalam pantauan NU Online, ruang utama dan seluruh ruang masjid tersebut sudah dipenuhi jama’ah hingga ke lantai 2 dan 3.

“Perkiraan jama’ah yang hadir mencapai 25 ribu orang,” ujar panitia acara, Sarmidi Husna dari pihak sekretariat panitia pusat Muktamar ke-33 NU.

Sembari menunggu istighotsah dimulai, jama’ah melaksanakan shalat dzuhur berjamaah kemudian membaca shalawat dengan diiringi marawisan.

Menurut panitia, istighotsah ini akan dipimpin langsung oleh Rais Aam JATMAN, Habib Luthfi bin Yahya, taushiyah oleh Rais Aam PBNU, KH A Mustofa Bisri, serta akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Ribuan Nahdliyin hadir rata-rata mengenakan seragam Banser dan Ansor dari berbagai daerah, yakni Purwakarta, Bandung, Kabupaten Bandung, Sukabumi, Cianjur, Jakarta, dan daerah lain. Juga mengenakan seragam NU, seperti Muslimat NU dan lain-lain.

Selain ribuan jama’ah, para pengurus PBNU dan peserta Munas Alim Ulama juga telah hadir di lokasi istighotsah. (Abdullah Alawi/Fathoni)


Terkait