Nasional

Kader IPNU -IPPNU Dimintah Waspadai Hoaks di Media Sosial

Kamis, 24 Januari 2019 | 08:15 WIB

Pekalongan, NU Online

Ratusan pelajar kota batik mengikuti Seminar Pelajar selepas acara pelantikan PKPT IPNU-IPPNU Universitas Pekalongan (Unikal) bertempat di Aula Setda Walikota Pekalongan, Rabu (23/1) kemarin. Seminar bertema "Membangun Mindset Anti Hoaks di Kalangan Millenial" tersebut dihadiri perwakilan SMA dan MA se-Kota Pekalongan.

Dari pantauan NU Online, tampak para peserta sangat antusias dalam mengikuti pemaparan yang disampaikan Abu Hasan Asy'ari dari PW IPNU Jawa Tengah.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Acara yang dipandu Kristi Indriyanti, kader PKPT Unikal asal Pemalang menambah guyubnya acara sore itu. Apalagi dipadu dengan iringan akustik KISOQU Band membuat peserta tidak mau sedikit pun beranjak dari tempat duduk.

Menurut Ketua Bidang Kaderisasi PW IPNU Jateng, di era millenial saat ini, di mana akses informasi dan media yang tak terbatas membuat informasi dari mana pun sumbernya bisa diterima dan dikonsumsi siapa pun. Apalagi para pelajar yang rata rata menghabiskan sebagian harinya untuk berselancar di media online. 

Dalam kondisi demikian, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi; antara menjadi pengguna media yang bijak atau justru menjadi salah satu agen penyebar informasi yang belum tentu tahu kebenarannya, tinggal share dan share.

"Lalu bagaimana caranya kita para pelajar dapat menjadi salah satu pengguna media online yang bijak," tanya Eko salah satu peserta seminar. "Tugas pelajar adalah belajar saat di mana mendapat berita yang tidak jelas sumbernya, ya ditanyakan atau ditabayunkan kepada yang lebih ahli kalau masalah agama ya sama rekan rekan IPNU- IPPNU Cabang atau langsung sama kiainya masing-masing. Sekarang ini para pelajar lebih memilih hal yang instan, jika mau mengetahui suatu permasalahan sudah enggan bertanya sama ahlinya, tinggal klik aja di ‘mbah google’," tandas pria yang akrab disapa Abud ini.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Kader NU asal Kudus itu menambahkan pelajar hari ini bukan hanya pengguna media online akan tetapi juga harus menjadi penyaji media sebagai tangan panjang kiai-kiai menyampaikan perihal kebutuhan masyarakat di dunia digital.

Seminar tersebut mendapat antusias di kalangan pelajar Kota Pekalongan. Isu-isu hoaks yang sudah menjadi tranding di media online menimbulkan keresahan tersendiri.

"Alhamdulillah Rekan Abud selaku Ketua Kaderisasi PW IPNU Jawa Tengah bisa turut mengarahkan para pelajar dalam menyikapi Hoaks di era sekarang ini," pungkas Arkhan Ketua PC IPNU Kota Pekalongan. (Syaiful Mustaqim/Ahmad Rozali)


Terkait