Nasional

Kemenag Akan Luncurkan Tema hingga Logo Hari Santri 2024 di Religion Festival

Senin, 7 Oktober 2024 | 21:00 WIB

Kemenag Akan Luncurkan Tema hingga Logo Hari Santri 2024 di Religion Festival

Para pejabat Kemenag saat Media Gathering Kemenag di Mellys Garden Jl. Kebon Sirih Timur, Dalam No. 37, Sirih, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (7/10/2024). (Foto: NU Online/Suwitno)

Jakarta, NU Online

Kementerian Agama (Kemenag) akan luncurkan tema, lagu tema, hingga logo peringatan Hari Santri Tahun 2024 dalam acara Religion Festival di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta pada 9 Oktober 2024 mendatang.


“Dalam acara Religion Festival akan meluncurkan tema, theme song (lagu tema), hingga logo peringatan Hari Santri 2024 pada tanggal 9 Oktober nanti,” ujar Ketua Panitia Acara Religion Festival Ahmad Zainul Hamdi pada Media Gathering Kemenag di Mellys Garden Jl. Kebon Sirih Timur, Dalam No. 37, Sirih, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (7/10/2024).


Ia menyampaikan kegiatan Kemenag untuk menyambut Hari Santri tahun 2024 dengan mengadakan perlombaan, pameran produk-produk buatan santri yang dilaksanakan mulai 9 sampai dengan 20 Oktober 2024.


Sementara itu, Juru Bicara Kemenag Sunanto menyampaikan Hari Santri menjadi kegiatan rutin yang terus dilakukan kemenag. “Adanya Hari Santri ini membuat kita semakin bersatu karena meningkatkan hubungan dan toleransi keberagaman yang ada di Indonesia,” ujarnya.


Senada dengan Sunanto, Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag Abu Rokhmad menjelaskan melalui peringatan Hari Santri, Kemenag mengajak segenap masyarakat untuk mengenang kembali perjuangan para ulama dan santri dalam mengusir penjajah sekaligus mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


“Kita ingin mengajak para santri dan masyarakat secara luas untuk mengenang kembali bagaimana perjuangan para ulama zaman dulu dan para santri yang ikut mengusir (penjajah) dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kita tahu bahwa 22 Oktober sebagai Hari Santri itu mengawali perjuangan 10 November 1945 di Surabaya,” ujar Abu.


Ia menambahkan melalui peringatan Hari Santri, Kemenag berharap para santri dapat mengikuti semangat para ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.


“Kami berharap para santri mendapatkan semangat yang kuat dari para ulama terdahulu, bagaimana mereka tidak mengenal lelah dalam berjuang, baik secara fisik, mental, dan belajar terus menerus dalam rumpun ilmu apapun,” ujarnya.


Dirjen Pendis juga menyampaikan peringatan Hari Santri 2024 akan ditandai dengan Apel Hari Santri pada 22 Oktober 2024 mendatang. Dalam apel itu, seluruh komponen masyarakat dapat ikut memeriahkan peringatan Hari Santri.


“Apel Hari Santri tahun ini, kami mengundang kehadiran Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto serta pimpinan MPR, DPR, dan pimpinan lembaga negara lainnya yang akan di laksanakan di Jakarta,” ujarnya.