Nasional

Kemenag Akui Penyusunan RKA Madrasah Melejit setelah Ada Aplikasi E-RKAM

Jumat, 28 Juni 2024 | 14:15 WIB

Kemenag Akui Penyusunan RKA Madrasah Melejit setelah Ada Aplikasi E-RKAM

Direktur KSKK Madrasah Kemenag, M. Sidik Sisdiyanto. (Foto: dok. Direktorat KSKK)

Jakarta, NU Online

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengalami lonjakan signifikan yang baik dalam efisiensi penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Madrasah setelah menerapkan digitalisasi melalui aplikasi E-RKAM. Teknologi informasi dan digitalisasi telah menjadi pilar utama dalam meningkatkan transparansi dan efektivitas pengelolaan keuangan madrasah di seluruh Indonesia.


M. Sidik Sisdiyanto, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kemenag, menjelaskan bahwa sistem digital ini memungkinkan pihak terkait untuk memantau dan mengelola dana madrasah secara lebih terukur dan efisien. Sebelum adopsi teknologi ini, pemantauan dilakukan secara sampling, namun sekarang, data dapat diakses secara langsung dan terintegrasi.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


"Sistem E-RKAM memberikan kemudahan bagi Kemenag dan pihak audit untuk melakukan evaluasi secara lebih transparan dan real-time terhadap penggunaan dana madrasah, termasuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)," ujar Sidik, Jumat (28/6/2024) di Jakarta.


Terkait implementasi teknologi, kata Sidik, tidak hanya mempercepat proses penyusunan RKA, tetapi juga meningkatkan akurasi dan ketepatan dalam pengelolaan dana publik. Sidik menegaskan bahwa digitalisasi telah mendorong madrasah untuk lebih akuntabel dalam setiap penggunaan dan dokumentasi dana, sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Selain itu, Sidik menyatakan, diharapkan adanya kolaborasi yang lebih baik antara madrasah, Kemenag, dan lembaga audit akan terus memperkuat integritas pengelolaan keuangan di sektor pendidikan. 


"Kemenag berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur teknologi informasi guna mendukung transformasi modern dan adaptif dalam pengelolaan keuangan madrasah di Indonesia," jelasnya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Perlu diketahui bahwa E-RKAM adalah solusi terintegrasi berbasis digital untuk pengelolaan keuangan madrasah. Dengan fitur-fitur otomatisasi, integrasi dengan EMIS, dan basis online, aplikasi ini memberikan kemudahan dan efisiensi dalam perencanaan, penatausahaan, dan pelaporan keuangan madrasah di seluruh Indonesia.


Untuk memfasilitasi penggunaan E-RKAM, Kemenag telah menyediakan alamat website resmi aplikasi ini di https://erkam.kemenag.go.id/. Di sana, pengguna dapat mengakses berbagai fitur utama, termasuk tahun anggaran, notifikasi, profil pengguna, dashboard, profil madrasah, pengaturan, referensi, rencana, realisasi, dan laporan.