Nasional

Konsolidasi Nasional LKNU, Upaya Peningkatan Layanan Kesehatan Masyarakat

Sabtu, 14 April 2012 | 02:17 WIB

Jombang, NU Online

Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) menggelar Konsolidasi Nasional di Kampus Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, Jawa Timur. Dari 5 tujuan digelarnya Konsolidasi Nasional LKNU, seluruhnya berujung pada upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan untuk masyarakat.

Konsolidasi Nasional LKNU akan digelar selama 3 hari, Jumat - Ahad (13-15/4) diikuti oleh perwakilan dari 24 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) se Indonesia, ditambah perwakilan sejumlah rumah sakit yang dikelola dibawah naungan kepengurusan NU di daerah dan sejumlah sekolah dan perguruan tinggi di bidang kesehatan serta kedokteran.  

Ketua Panitia Pelaksana Konsolidasi Nasional LKNU Zulfikar As'ad, dalam sambutannya menyatakan kegiatan ini memiliki 5 tujuan, tiga di antaranya adalah penataan organisasi, pengembangan jaringan kerja, dan pengembangan dan peningkatan kualitas layanan kesehatan ke masyarakat.<>

"Sesuai dengan amanah dari Muktamar NU di Makasar, pendidikan dan kesehatan harus digarap secara serius. Kami dari Lembaga Kesehatan siap melaksanakan amanah tersebut, salah satunya melalui Konsolidasi Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan ke masyarakat," ungkap Zulfikar.

Konsolidasi Nasional LKNU secara resmi dibuka oleh staf ahli Menteri Kesehatan Untung Suseno, mewakili Menteri Kesehatan yang berhalangan hadir. Kementerian Kesehatan menyambut baik kegiatan ini, dan diharapkan bisa menghasilkan solusi alternatif dalam pelayanan kesehatan yang baik ke masyarakat.
 
"Kami selalau mengharapkan kerjasama dengan semangat kemitraan.    Konsolidasi Nasional LKNU kami harapkan bisa menghasilkan solusi alternatif untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik ke masyarakat," kata Untung mewakili Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih.

Pembukaan Konsolidasi Nasional LKNU juga dihadiri jajaran pengurus PBNU, antara lain Ketua PBNU Saifullah Yusuf dan Iqbal Sullam, Wakil Sekjend PBNU Abdul Mun'im DZ, Bendara Umum PBNU H. Bina Suhendra dan Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PBNU KH. Arwani Faishal. Dalam sambutannya mewakili Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul meminta agar Konsolidasi Nasional PBNU juga menjadi ajang pembelajaran bagi NU dalam membabtu mengatasi layanan kesehatan ke masyarakat di Indonesia.

"NU memang masih harus banyak belajar untuk masalah kesehatan, dan Konsolidasi Nasional ini saya  harapkan bisa menjadi ajang yang tepat," tuntas Gus Ipul.


Penulis: Emha Nabil Haroen


Terkait