Nasional

LAZISNU Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Depok

Senin, 29 Agustus 2022 | 14:15 WIB

LAZISNU Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Depok

LAZISNU Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Depok. (Foto: dok LAZISNU).

Depok, NU Online
LAZISNU PBNU melalui kerja sama program donasi dengan marketplace Tokopedia, menyalurkan bantuan untuk seorang kiai di Depok yang rumahnya terdampak musibah kebakaran beberapa hari yang lalu.

 

Bantuan berupa uang tunai senilai Rp10 juta untuk renovasi rumah diserahkan secara langsung oleh Manager Pendistribusian dan Pemberdayaan LAZISNU PBNU Ending Syarifuddin didampingi Ketua LAZISNU PCNU Depok Hafied Nursiddiqi, kepada Kiai Hariruddin yang rumahnya telah hangus terbakar.

 

“Alhamdulillah, hari ini LAZISNU PBNU bersama LAZISNU PCNU Depok dan bekerja sama dengan Tokopedia, ikut memberi dukungan moral untuk Kiai Hariruddin yang rumahnya terkena musibah kebakaran,” ucap Ending Syarifuddin, usai menyerahkan bantuan di halaman Majelis Ta’lim Nurul Mubtadi-ien, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, pada Senin (29/08/2022).

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

Ending mengungkapkan, kediaman Kiai Hariruddin yang juga merupakan pengasuh Majelis Ta’lim Nurul Mubtadi-ien itu kini telah hangus dan atapnya habis terbakar.

 

“Para kiai sudah mengorbankan dirinya, melalui ilmu, waktu, dan hartanya untuk berkhidmat melayani umat dalam berdakwah,” ujarnya.

 

Bahkan, sambung dia, saking sibuknya melayani umat, Kiai Hariruddin dan para kiai secara umum telah ikhlas dan pasrah sepenuh jiwa dan raga bertawakkal kepada Allah Swt dalam urusan hidup dan kehidupan duniawinya, termasuk keluarga dan masa depan anak-anaknya.

 

“Karena itu, walaupun tidak sebanding dengan pengorbanan para kiai, ini (bantuan) adalah bagian dari cara kita memberi perhatian dan takzim kepada kiai dan guru-guru kita,” tambahnya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

Sementara itu, Kiai Hariruddin berharap program-program LAZISNU terus memberi kemanfaatan untuk umat dan bangsa.

 

“Terima kasih kepada LAZISNU PBNU atas dukungannya. Semoga programnya terus memberi kemanfaatan untuk umat dan bangsa. Terima kasih juga kepada Tokopedia, dan semoga tetap jaya dan tetap setia hadir menjadi bagian dari solusi masalah-masalah sosial kemasyarakatan kita. Kepada para donatur program donasi Tokopedia, terima kasih. Bantuan anda sangat berarti bagi kami. Semoga amal baiknya menjadi jalan bagi kebaikan-kebaikan Anda semua sekeluarga,” ungkap Kiai Hariruddin yang juga merupakan Wakil Rais Syuriyah PCNU Depok itu.

 

Bagi masyarakat yang hendak turut membantu Kiai Hariruddin dan keluarga yang rumahnya terdampak musibah kebakaran, LAZISNU PCNU Depok masih membuka donasi melalui rekening Bank DKI Syariah di nomor 704-21-090014 atas nama Infaq LAZISNU Depok. Informasi dan konfirmasi donasi bisa dilakukan via WhatsApp (WA) ke nomor 08128031112 (Puryanto).

 

Program LAZISNU PBNU

Untuk diketahui, LAZISNU PBNU melalui sumbangan (donasi) yang diberikan oleh masyarakat dari program Donasi Tokopedia, selain disalurkan untuk bantuan musibah kebakaran di Depok, juga disalurkan kepada warga terdampak bencana alam.

 

“Seperti bencana gempa bumi, longsor, dan banjir bandang di Pasaman Barat dan Pasaman Sumatera Barat pada bulan Februari 2022 lalu, yang masih belum pulih sepenuhnya sampai sekarang. Bantuan yang kami salurkan berupa pembangunan hunian sementara (Huntara), pembangunan sumur bor dan sumber air bersih,” papar Ending.

 

Ending juga menjelaskan, LAZISNU PBNU akan terus hadir memberi dukungan untuk penguatan program, baik yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek seperti bantuan charity yang sifatnya darurat, yang butuh dukungan pemulihan yang cepat.

 

“Walaupun untuk periode kepengurusan yang baru ini LAZISNU PBNU lebih fokus pada program penguatan ekonomi, khususnya UMKM dan capacity building SDM NU melalui program pendidikan, tapi program-program yang sifatnya emergency tetap menjadi perhatian,” tegasnya.

 

Akan tetapi, lanjutnya, program-program tersebut penekanannya pada hal-hal yang sifatnya memberi dampak jangka panjang dan berkelanjutan.

 

“Misalnya kalau ada bencana, kita akan banyak diarahkan kepada bantuan pendidikan dan beasiswa anak-anak korban bencana, atau recovery pemberdayaan ekonomi korban bencana. Ini semua sedang kita rumuskan untuk nanti kita bahas dalam Rakernas LAZISNU se-Indonesia bulan depan,” kata Ending.

 

Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Aiz Luthfi