Nasional

LDNU Blitar Gelar Pelatihan Dai

Kamis, 12 April 2012 | 07:02 WIB

Blitar, NU Online
Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PC LDNU) Kabupaten Blitar akan menggelar Pelatihan Dai Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja). pelatihan yang akan digelar pada hari Rabu 18 April 2012 mendatang ini akan dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar. <>

Pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari para dai dan daiyah di lingkungan Nahdliyin Kabupaten Blitar. Pelatihan ini mengusung tema “Formulasi Dakwah Islam Aswaja yang Santun dan Menyejukkan.”

Demikian dinyatakan oleh ketua panitia penyelenggara, Wijianto dalam rilisnya kepada NU Online, Kamis (12/4). Menurutnya, Pelatihan ini digelar dalam rangka memberikan pencerahan dan membentengi para da’i dari pemahaman Islam yang sempit. 

Materi pelatihan dakwah ini antara lain adalah Retorika Dakwah Aswaja yanga akn disampaikan oleh Prof.  H Moh Ali Aziz (Guru Besar Fak. Dakwah IAIN Sunan Ampel  Surabaya) dan Membendung Arus Liberalisme dan Fundamentalisme Islam dengan Dakwah yang santun dan menyejukkan, yang akan disampaikan oleh KH Ahmad Zamroji (Ketua MUI Kabupaten Blitar).

"Pemahaman yang kaku dan tekstual serta puritan dapat menimbulkan sikap beragama yang ekstrim dan berakibat menjadi bumerang bagi eksistensi Islam itu sendiri," tutur Wijianto.

Lebih lanjut Wijianto menjelaskan, pelatihan ini terselenggara atas kerjasama PC LDNU Kabupaten Blitar dengan Penamas kantor Kemenag Kabupaten Blitar.

Menurut rencananya, pelatihan ini juga akan dihadiri oleh Pengurus Pusat lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PP LDNU) dari Jakarta.

 


Penulis : Syaifullah Amin

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait