Nasional

Lembaga Dakwah PBNU Salurkan Bantuan untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Jumat, 28 Desember 2018 | 18:55 WIB

Jakarta, NU Online 
Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) menyerahkan bantuan untuk korban bencana Tsunami Selat Sunda. Bantuan tersebut disalurkan melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) untuk disalurkan pada korban di provinsi Banten dan Lampung.

Ketua LD PBNU KH Agus Salim mengatakan, bantuan berbentuk pakain untuk anak-anak, remaja, dewasa pria dan wanita. Bantuan tersebut, kata KH. Agus diterima dari sejumlah jama'ah, orang tua santri dari yayasan dan pondok pesantren yang dipimpinnya. 

"Sebanyak dua belas karung kami terima dari majelis-majelis taklim dan jamaah pengajian agar LAZISNU memberikan pada korban terdampak tsunami Selat Sunda," kata Kiai Agus saat menyerahkan bantuan di kepada LAZISNU di Gedung PBNU, Jl. Kramat Raya No.164, Jakarta, Jumat (28/12).

Ia juga mengatakan, LD PBNU turut merasakan kepedihan yang mendalam. Karena itu, ia dan jajaran lembaga yang dipimpinnya terus berupaya ikut membantu meringankan korban bencana ini.

"Tsunami Selat Sunda ini tentunya membawa duka bagi seluruh Masyarakat Indonesia. Alhamdulillah tim LD PBNU sebelumnya sudah berangkat ke Banten. Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk membantu korban, minimal dengan doa," imbuhnya.

Sementara, Sekretaris LAZISNU Rouf mengucapkan terima kasih kepada LD PBNU. Dimana, bantuan yang diberikan sangat dibutuhkan oleh korban Tsunami di Banten dan Lampung.

"Ini akan langsung kami sampaikan kepada korban di Banten dan Lampung. Pakaian sangat dibutuhkan oleh mereka karena apalagi yang di tenda darurat," jelas Rouf.

Rouf juga mengatakan, sebelumnya LAZISNU sudah menerjunkan 2.000 relawan yang disebar di seluruh wilayah yang terdampak tsunami.

"Kami juga menyediakan klinik untuk kesehatan korban. Bantuan medis terdiri dari tim dokter, asisten dokter, apoteker. Selain itu disertakan juga obat-obatan," ujar Rouf.

Diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jumlah korban tewas akibat tsunami Selat Sunda pada Jumat (28/12/2018) pukul 13.00 WIB, total dampak tsunami di lima kabupaten di Banten dan Lampung tercatat 426 orang.

Sementara untuk korban luka-luka sebanyak 7.202 orang dan 23 orang masih dinyatakan hilang. Kemudian sebanyak 40.386 orang mengungsi. (Lukman Hakim/Abdullah Alawi)


Terkait