Nasional

Maksimalkan Upaya Pencegahan Covid-19, Panitia Muktamar NU Kerahkan Duta Prokes

Sabtu, 18 Desember 2021 | 22:00 WIB

Maksimalkan Upaya Pencegahan Covid-19, Panitia Muktamar NU Kerahkan Duta Prokes

PDNU dan NUMSA bekerja sama mengawal prokes selama Muktamar ke-34 NU. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Panitia Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama terus mengupayakan penerapan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat sepanjang perhelatan Muktamar NU yang akan digelar pada 22-23 Desember 2021 mendatang di Lampung. Upaya tersebut dimulai dari mitigasi hingga penanganan. Salah satunya dengan menerjunkan para Duta Prokes.


“Duta prokres merupakan salah satu ikhtiar panitia Muktamar ke-34 NU dalam meningkatkan atau melancarkan prokes selama keberlangsungan Muktamar NU 22-23 Desember di Lampung,” kata salah satu Duta Prokes, Qoimam Zulfikar, kepada NU Online, Sabtu (18/12/2021).


Mendapatkan arahan langsung dari Koordinator Seksi Kesehatan dr Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein, Qoimam menuturkan bahwa duta prokes ditugaskan untuk memantau para panitia juga peserta agar selalu menerapkan prokes selama berlangsungnya acara.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


“Di mana prokes ini antara lain memakai masker yang benar, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Karena memang di era pandemi ini mengumpulkan masyarakat banyak harus berhati-hati. Sehingga kami perlu memberi imbauan dan mengingtakan untuk jaga prokes,” urai Qoimam.


Ia menyebut para duta prokes yang terdiri dari sejumlah mahasiswa fakultas kedokteran di beberapa perguruan tinggi Lampung dan Jawa itu anggota dari Nahdlatul Ulama Medical Student Association (NUMSA).

 

Beberapa perguruan tinggi tersebut meliputi, Universitas Negeri Lampung (Unila), Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang), Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.


“Kami NUMSA merupakan student chapter dari Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) bersama Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), Asosiasi Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (Arsinu), dan juga unsur-unsur lainnya dipercaya untuk melancarakan Muktamar NU,” ujar Qoimam.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Ia mengatakan bahwa para Duta Prokes nantinya akan tersebar di beberapa titik yang telah disediakan oleh panitia. “Kami akan ditugaskan di posko yang sudah disiapkan panita dan kami nanti akan melakukan penghimbauan,” bebernya.


Qoimam berharap dengan dikerahkannya para duta prokes tersebut, seluruh peserta muktamirin bisa menerapkan protokol kesehatan dengan tertib demi berlangsungnya Muktamar NU yang khidmat dan berjalan lancar.


“Saya berharap, Muktamar NU bisa dilaksanakan dengan lancar, khidmat, dan tertib, serta seluruh peserta dan masyarakat tertib dalam mentaati protokol kesehatan di Muktamar NU ke-34 ini” ungkapnya.


Kontibutor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Musthofa Asrori