Nasional

Muhammad Adnan: Kiai Hasyim Orang NU 24 Karat

Ahad, 23 April 2017 | 15:32 WIB

Depok, NU Online
Mantan Ketua PWNU Jateng Muhammad Adnan dalam perbincangannya dengan Kiai Hasyim sering disinggung klasifikasi tipe-tipe orang NU; ada orang NU yang dua puluh karat dan ada orang NU yang sekarat. “Mungkin beliau adalah contoh orang NU yang 24 karat,” tegasnya.

Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam acara Bedah Buku Biografi KH Ahmad Hasyim Muzadi:Ngaji Hidup Mengasah Kehidupan di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Depok, Ahad (23/4) sore.

Lebih jauh alumni Universitas Hiroshima itu menjelaskan, Kiai Hasyim memimpin NU seperti seorang kiai memimpin pesantrennya. “Beliau menganggap pengurus wilayah sebagai keluarga besar. Beliau memposisikan diri sebagai orang tua,” urainya.

Ia memiliki pandangan, KH Hasyim Muzadi atau akrab disapa Kiai Hasyim adalah orang yang memiliki ilmu laduni. Penilaiannya tersebut dilandasi atas dua hal. Pertama, saat Kiai Hasyim memberikan humor dalam ceramah ia mengaku tahu akhir dan arah humor yang dilontarkannya, namun demikian ia mengatakan tertawa saja dengan guyonan Kiai Hasyim.

“Saya tahu kalau ending-nya akan seperti itu, tapi saya masih bisa tertawa,” katanya saat.
 
Kedua, orang yang mendengarkan ceramahnya Kiai Hasyim tidak akan merasa bosan dan tidak capek. “Kalau beliau yang ceramah. Kita tidak sadar sudah beberapa jam mendengarkan ceramah beliau,” ucapnya.

Terkait dengan isi buku, Adnan menilai, ada dua hal yang menjadi fokus bahasan, pertama keuletan dn kesungguhan Kiai Hasyim dalam memimpin NU. Ia menjelaskan, Kiai Hasyim menyediakan waktu untuk umat sehari semalam. 

“Malah yang mengundang bupati, menolak. Tetapi kalau yang mengundang kiai, ia pasti hadir,” jelasnya.

Kedua, Kiai Hasyim lebih mengutamakan kepentingan dan keutuhan bangsa dari pada kepentingan NU. Menurut Adnan, Kiai Hasyim memiliki pandangan bahwa apabila bangsa Indonesia baik, maka NU pun akan baik.

“Ketika bangsanya sehat, maka NU nya sehat,” pungkasnya. (Muchlishon Rochmat/Mukafi Niam) 


Terkait