Nasional

NU Care-LAZISNU Jawa Barat Serahkan Rp1,2 Miliar untuk Rakyat Palestina

Ahad, 3 Desember 2023 | 15:00 WIB

NU Care-LAZISNU Jawa Barat Serahkan Rp1,2 Miliar untuk Rakyat Palestina

Kegiatan serah terima hasil penggalangan bantuan untuk warga Jalur Gaza Palestina dari NU Care-LAZISNU Jawa Barat kepada NU Care-LAZISNU PBNU, berlangsung di Lantai 3 Gedung PWNU Jawa Barat, Kecamatan Lekong, Kota Bandung, Jawa Barat (Foto: NU Care-LAZISNU)

Bandung, NU Online

NU Care-LAZISNU Jawa Barat menginformasikan hasil penggalangan bantuan untuk warga Palestina telah mencapai Rp1.223.805.420.


"Alhamdulillah hasil perolehan donasi tahap pertama sebesar Rp1.223.805.420. Saat ini masih terus mengumpulkan untuk tahap 2," ujar Ketua LAZISNU Jawa Barat, Qomarudin saat serah terima donasi kemanusiaan untuk Rakyat Palestina, Sabtu (2/12/2023 sebagaimana dalam rilis yang diterima NU Online, Ahad (3/12/2023).

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Selain dana yang masuk ke NU Care-LAZISNU Jawa Barat sendiri, kata Qomarudin, dana tersebut adalah hasil penggalangan yang dilakukan oleh NU Care-LAZISNU tingkat PCNU yang ada di Jawa Barat hingga akhir November 2023.


"Kami berterima kasih atas kerjasamanya. Semoga diridhai oleh Allah swt. Aamiin," harap Qomarudin dalam kegiatan yang berlangsung di Lantai 3 Gedung PWNU Jawa Barat, Kecamatan Lekong, Kota Bandung, Jawa Barat.


Direktur Eksekutif NU Care-LAZSNU, Qohari Cholil menegaskan bahwa donasi ini akan disalurkan kepada yang membutuhkan yakni warga Palestina di Jalur Gaza yang menjadi korban serangan Israel. Dia menjelaskan upaya-upaya LAZISNU PBNU untuk menjadi kepanjangan tangan para donatur dan muzakki dengan kredibel dan amanah.


"Dalam rangka menjaga amanah para donatur dan muzakki, Ketua LAZISNU PBNU Habib Ali berupaya untuk memastikan lembaga lembaga mitra di Mesir dan Turki sebagai penyalur bantuan LAZISNU adalah lembaga yang kredibel dan dapat menyampaikan bantuan benar-benar sampai ke penerima manfaat," ujarnya

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Qohari menyampaikan ucapan terima kasih kepada LAZISNU se-Jawa Barat yang telah menyambut baik arahan Ketum PBNU yang mengutuk keras tragedi kemanusiaan yang terjadi di Gaza dengan berjuang mengumpulkan donasi.

 

"Kita bisa melakukan gerakan bersama, berdonasi, shalat ghaib, berdoa, membaca qunut nazilah," imbuh Qohari.


Sebagai informasi, donasi kemanusiaan untuk Palestina telah disalurkan melalui 2 tahap. Tahap pertama, penyaluran melalui Kementerian Luar Negeri RI berupa selimut, dan tahap kedua adalah penyaluran melalui AWC berupa makanan siap santap, bahan makanan, air bersih, dan obat-obatan.


Saat ini, penyaluran bantuan tahap ketiga sedang diupayakan melalui TNI AL untuk mengantarkan 10ton selimut, tenda, dan matras tidur. Sedangkan penyaluran tahap keempat melalui AWC berupa makanan siap santap. Langkah lainnya, NU Care-LAZISNU juga berdiplomasi melalui Habib Ali untuk bekerja sama LAZ di bawah naungan Grand Syekh Al Azhar, Mesir sebesar Rp5 miliar dan Medic Worldwide di Turki untuk memfasilitasi pelayanan kesehatan di GAZA.


Sebelumnya, LAZISNU PBNU juga sudah memberikan bantuan, seperti mobil ambulans, kursi roda bagi disabilitas dan makanan siap santap melalui AWC.


Pembina LAZISNU PWNU Jawa Barat, KH Lukman Hakim mengatakan kebaikan yang paling sempurna dan unggul adalah ketika mau mengajak orang lain untuk berbagi, bersedekah. 


Menurut KH Lukman Hakim, LAZISNU telah menerapkan konsep kebaikan yang universal, yakni berbagi dan mengajak orang lain turut di dalamnya.


Dalam sambutannya, KH Lukman mengekspresikan rasa bangga pada semua perwakilan LAZISNU PCNU yang turut hadir. "Amil adalah profesi yang disebutkan di Al Qur'an. Ini adalah takdir terbaik untuk kita," tuturnya.


“Acara serah terima donasi kemanusiaan ini menjadi bukti semangat para amil di Jawa Barat. LAZISNU PCNU Kabupaten/Kota se-Jawa Barat berhasil mengumpulkan dana miliaran rupiah,” pungkasnya.