Nasional

NU Care-LAZISNU Serahkan Bantuan Tahap 3 untuk Pesantren Hadits Darus-Sunnah Tangerang Selatan

Ahad, 25 Agustus 2024 | 18:00 WIB

NU Care-LAZISNU Serahkan Bantuan Tahap 3 untuk Pesantren Hadits Darus-Sunnah Tangerang Selatan

Serah terima secara simbolis bantuan NU Care-LAZISNU untuk pengembangan Pesantren Darus-Sunnah Tangerang Selatan, Rabu (21/8/2024). (Foto: NU Care-LAZISNU)

Jakarta, NU Online

NU Care-LAZISNU kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan dan kemajuan pendidikan pesantren dengan bantuan dana kepada Pesantren Hadits Darus-Sunnah.


Acara penyerahan bantuan ini berlangsung di Kantor Yayasan Pesantren Hadits Darus-Sunnah, Tangerang Selatan, Banten, pada Rabu (21/8/2024).

ADVERTISEMENT BY OPTAD


“Penyerahan bantuan ini adalah tahap ketiga yang diberikan kepada Pesantren Hadis Darus-Sunnah. Nilai bantuan sebesar Rp38.000.000,” kata Wakil Direktur NU Care-LAZINU Bidang IT, Humas, dan Fundraising Anik Rifqoh, Sabtu (24/8/2024).


Anik menjelaskan bahwa dana yang disalurkan tersebut adalah hasil penggalangan yang dilakukan melalui laman nucare.id. Alokasi dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pembebasan lahan.  


Sebagai informasi, ada sekitar 450 santri tengah belajar di Darus-Sunnah. 200 di antaranya duduk di tingkat ma’had dawli (setara perguruan tinggi), dan sisanya duduk di tingkat tsanawiyah dan aliyah (Madrasah Darus-Sunnah). Seluruhnya tinggal di lingkungan asrama Pesantren Darus-Sunnah.


Setiap tahunnya, Darus-Sunnah membatasi jumlah peserta didik karena alasan infrastuktur yang sangat terbatas. Karena alasan itu pula, Madrasah Darus-Sunnah setingkat tsanawiyah dan aliyah sementara hanya menerima peserta didik laki-laki.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Pihak Darus-Sunnah mencoba membebaskan lahan seluas 500 meter persegi dengan total dana yang dibutuhkan sebesar Rp2,5 miliar dengan estimasi harga Rp5 juta per meter.


“Bantuan ini merupakan bagian dari program berkelanjutan NU Care-LAZISNU dalam mendukung pendidikan pesantren di seluruh Indonesia. Mereka berharap bantuan ini dapat membantu Pesantren Hadis Darus-Sunnah dalam mengembangkan fasilitas dan program-program pendidikan yang berkualitas,” kata Anik.


Pesantren Hadits Darus-Sunnah dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang memiliki komitmen tinggi terhadap pengajaran dan pengamalan ajaran Islam, khususnya bidang hadits.


“Dengan adanya bantuan ini, diharapkan pesantren tersebut dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” tegasnya.


Bantuan tersebut diterima perwakilan Yayasan Pesantren Hadis Darus-Sunnah Ahmad Makmun. Ia menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada NU Care-LAZISNU yang telah menjadi penyambung para donator dengan Darus-Sunnah.


“Bantuan ini sangat berarti bagi pesantren, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan fasilitas pesantren. Kami berkomitmen untuk menggunakan dana ini dengan sebaik-baiknya demi kemajuan pesantren dan kesejahteraan santri,” ujar Makmun.


Pesantren Darus-Sunnah atau Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences terletak di Ciputat, Tangerang Selatan adalah pesantren ilmu hadits pertama di Indonesia. Pesantren ini didirikan oleh KH Ali Mustafa Yaqub untuk mencetak kader-kader ulama di masa depan.