Nasional

Pasar Rakyat di Banyuwangi Digelar Bareng Konfercab

Jumat, 11 Januari 2013 | 07:07 WIB

Jakarta, NU Online
Gelaran Pasar Rakyat Indonesia yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Pengurus Cabang telah sampai di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur.

<>

Pasar Rakyat kali ini digelar bersamaan dengan pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) NU Banyuwangi, Sabtu-Ahad (12-13/1).

“Sebenarnya jadwal awal pasar rakyat di Banyuwangi akan dilaksanakan Desember kemarin. Namun karena pada tanggal 12-13 Januari itu Banyuwangi ada Konfercab NU jadi pasar raknyatnya dilaksanakan bersamaan dengan Konfercab, biar lebih semarak,” kata Munawir, panitia lokal penyelenggara Pasar Rakyat Indonesia di Banyuwangi dihubungi NU Online, Jum’at (11/1).

Pasar rakyat kali ini disenggarakan di Lapangan Pondok Pesantren Pesantren Darussalam Blokangung. Sementara Konfercab akan diselenggarakan di komplek pesantren yang diasuh oleh KH A. Hisyam Syafa’at itu.

“Lapangan ini cukup strategis yang menghubungkan dengan berbagai daerah di Banyuwangi,” kata Munawir.

Pembukaan pasar rakyat akan dilakukan Sabtu (12/1) pagi pukul 07.10 WIB bersamaan dengan pembukaan Konfercab. Rencananya Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj juga hadir dalam Konfercab ini sekaligus meramakain gelaran pasar rakyat.

Konfercab NU Banyuwangi akan dihadiri sekitar 1.500 nahdyiyin yang sekaligus akan menyemarakkan pasar pakyat. Sementara pasar rakyat sendiri terbuka untuk warga yang tidak ikut terlibat secara langsung dalam Konfercab.

Menurut Munawir, kegiatan pasar rakyat juga melibatkan berbagai perangkat NU dari lembaga, lajnah dan badan otonom (banom) NU di Banyuwangi.

“Lembaga, lajnah dan Banom NU ini tidak ikut terlibat langsung dalam Konfercab. Jadi diharapkan akan meramaikan kegiatan pasar rakyat bersama warga,” pungkas Munawir.



Penulis: A. Khoirul Anam

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait