Nasional

Pelajar Jombang Jalan Kaki Ziarahi Pendiri NU

Sabtu, 15 Oktober 2016 | 03:03 WIB

Jombang, NU Online
Ratusan kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jombang berjalan kaki puluhan kilometer ke makam para muassis (pendiri) NU. Kegiatan yang berlangsung sejak Jumat hingga Sabtu (14-15/10) tersebut dalam rangakian memperingati Hari Santri dan tahun baru 1438 H.

Wakil Bupati Jombang Nyai Hj Mundjidah Wahab pada apel pemberangkatan di Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan mengemukakan, agar semangat para santri tetap dijaga. "Semoga napak tilas yang dilakukan ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi para santri agar menjadi orang yang bermanfaat bagi negara dan agama, seperti para ulama terdahulu," kata putri pahlawan nasional, KH Abdul Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) tersebut, Jumat (14/10) siang.

"Saat napak tilas, di setiap makam kita melakukan refleksi bersama atas perjuangan para tokoh ulama dalam berkontribusi terhadap pembangunan bangsa," kata Muhammad Abdul Haris. Ketua PC IPNU Jombang ini mengemukakan bagaimanapun juga negara sudah mengakui bahwa santri ikut terlibat dalam pembangunan bangsa, lanjutnya.

Lebih detil, Abdul Haris menyampaikan berjalan kaki ini mulai dari makam KH Romli Tamim di Pesantren Darul Ulum Rejoso. Selanjutnya rombongan berangkat menuju makam KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid di Pesantren Tebuireng. Dan sekitar pukul 21.00, mereka beristirahat untuk menginap di salah satu mushalla di Desa Seblak, Kecamatan Diwek.

Keesokan harinya, rombongan melanjutkan perjalanan ke makam KH Asy'ari, ayahanda dari KH Hasyim Asy'ari di Desa Keras, Kecamatan Diwek. Berikutnya mereka menuju makam KH Bisri Syansuri di Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar. Sedangkan tujuan terakhir di makam Mbah Wahab yakni Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.

Ratusan pelajar ini akan menunggu kedatangan tim Kirab Resolusi Jihad NU yang telah melakukan perjalanan dari berbagai kota di Jawa Timur. "Rombongan PBNU akan tiba di Jombang Sabtu. Jadi, nanti kita akan bergabung bersama mereka," pungkasnya. (Ibnu Nawawi/Abdullah Alawi)


Terkait