Nasional

Penguatan Ekonomi Warga Jadi Perhatian NU Aceh

Jumat, 14 Desember 2018 | 12:30 WIB

Penguatan Ekonomi Warga Jadi Perhatian NU Aceh

Suasana sidang Munas dan Konbes NU I di Nusa Tenggara Barat.

Jakarta, NU Online
Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) II 2019 akan diselenggarakan di Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Banjar, Jawa Barat, 22 hingga 24 Februari 2019.

Perhelatan terbesar kedua setelah Muktamar NU ini mengusung tema Memperkuat Khidmah Wathaniyah untuk Kedaulatan Rakyat. Kemudian tema tersebut mempunyai empat turunan atau subtema, yakni masalah kenegaraan, lingkungan hidup, ekonomi, dan kebudayaan.

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh menyambut positif tema tersebut, khususnya dalam hal ekonomi. Sebab, perlu adanya peningkatan ekonomi bagi masyarakat Indonesia dan khususnya warga NU atau nahdliyin.

"Tema ini sangat bagus, di antaranya untuk penguatan ekonomi bagi warga Nahdlatul Ulama," kata Abu Faisal kepada NU Online melalui sambungan telepon, Jumat (14/12).

Ketua PWNU Aceh ini menyarankan, upaya penguatan ekonomi nahdliyin tidak hanya melalui pemberian modal, tetapi juga meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

"Tidak bisa kalau semata-mata dorongan ekonomi tanpa mempersiapkan sumber daya manusianya," ucapnya.

Menurutnya, hingga kini sumber daya manusia (warga) di NU dalam pengembangan ekonomi masih terbatas. Sehingga, warga NU perlu diberikan berbagai pembekalan.

"Kalau mempunyai sumber daya manusia yang baik, walaupun modalnya sedikit, itu bisa bermanfaat. Sebaliknya, jika modal banyak, tapi SDM-nya tidak baik, ya usahanya bisa kolaps," ucapnya.

Warga NU bisa diberikan pembekalan melalui berbagai program, seperti madarasah kader NU. “Nantinya, warga diberikan informasi tentang berbagai sistem ekonomi, tantangan perekonomian hingga peluang ekonomi,” tandasnya. (Husni Sahal/Ibnu Nawawi)


Terkait