Nasional

Pringsewu Siapkan Aneka Kegiatan Sambut Kirab Satu Negeri

Senin, 1 Oktober 2018 | 07:00 WIB

Pringsewu, NU Online
Menyambut Kirab Satu Negeri (KSN) di Kabupaten Pringsewu, Lampung, sejumlah persiapan dilakukan Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Menurut jadwal, KSN akan tiba di kawasan ini mulai Kamis hingga Ahad (4-7/10).

Beberapa persiapan yang sudah dilakukan di antaranya pengecekan dan survei lokasi yang akan dilalui rombongan dan beberapa kegiatan yang akan digelar. Berdasarkan rute kegiatan, rombongan KSN yang terdiri dari Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah GP Ansor akan masuk ke Kabupaten Pringsewu melalui Kecamatan Sukoharjo dan berkumpul di Lapangan Dirgahayu Sukoharjo pada Kamis (4/10).

Dari lapangan Dirgahayu Sukoharjo, rombongan pembawa 17 pataka bendera Merah Putih akan berjalan menuju Pondok Pesantren Al Hidayah Keputran. Mereka akan diiringi beberapa kesenian lokal seperti, musik angklung, drumband, atraksi para pendekar Pagar Nusa NU, dan sejumlah parade dari ormas dan komunitas yang tergabung dalam Komunitas Pringsewu Bersatu,” kata M Dariyanto, Senin (1/10).

Sementara serah terima 17 pataka bendera Merah Putih yang dibawa rombongan KSN dari Pimpinan Pusat GP Ansor akan diserahkan ke Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Pringsewu di Pondok Pesantren Al Hidayah Keputran, Kecamatan Sukoharjo.

17 pataka bendera Merah Putih tersebut nantinya akan diarak menuju gedung PCNU Pringsewu oleh 17 personel Banser. Selain 17 pataka bendera Merah Putih, Banser Pringsewu juga telah mempersiapkan seratus pesonelnya untuk mengiringi pasukan 17 dengan membawa seratus bendera Merah Putih.

M. Dariyanto selaku Sekretaris PC GP Ansor Pringsewu mengatakan bahwa kedatangan rombongan KSN di bumi Jejama Secancanan merupakan kebanggaan tersendiri. “Karena kegiatan yang bertaraf nasional dan bisa sampai juga di Kabupaten Pringsewu,” ungkapnya. Sebagai tuan rumah yang baik, maka harus mempersiapkan semaksimal mungkin untuk menyambut, lanjutnya.

Beberapa agenda kegiatan yang sudah disiapkan untuk Kirab Satu Negeri di Pringsewu antara lain, berziarah ke makam KH Gholib Pringsewu. Juga berziarah  ke makam Habib Muh di komplek Pondok Pesantren Sunan Jatiagung Ambarawa, silaturahmi ke kediaman Bupati Pringsewu.

“Juga Ansor Bershalawat, kegiatan jihad (Ngaji Ahad) Pagi di gedung PCNU Pringsewu dan penyerahan bendera Merah Putih ke Ansor Kabupaten Pesawaran di Islamic Center Pesawaran," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Pringsewu, M Sofyan, mengatakan untuk pelaksanaan KSN, pihaknya memang telah melakukan beberapa kali rapat pembahasan. Rapat pembahasan tersebut tentu untuk mempersiapkan dan menentukan jenis kegiatan apa yang akan dilakukan pada saat KSN di Pringsewu.

"Semua sudah dibahas beberapa kali dalam rapat bersama seluruh anggota Ansor dan Banser dan kegiatan yang akan dilakukan saat KSN juga sudah disepakati. Semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya. (Henudin/Ibnu Nawawi


Terkait