Nasional

Semangat NU Kuatkan PKN GP Ansor

Selasa, 15 Januari 2013 | 08:05 WIB

Jakarta, NU Online
Semangat ke-NU-an dipertegas dalam kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional, PKN GP Ansor. Dalam PKN Angkatan III GP Ansor, panitia PKN GP Ansor memadati acara dengan sejumlah prinsip dasar NU.<>

Perihal ini disampaikan oleh Faisal, seorang pengurus harian kesekretariatan PP GP Ansor kepada NU Online di Kantor PP GP Ansor, jalan Kramat Raya 65A, Jakarta Pusat, Senin (14/1) siang.

Sejumlah prinsip dasar yang dibahas dalam PKN Angkatan III GP Ansor antara lain adalah materi aswaja dan keindonesiaan, aswaja dan pergulatan politik kenegaraan, dan analisis nilai dan kelembagaan NU, kata Faisal.

“Penanaman materi ke-NU-an itu dimaksudkan untuk memperkuat pemahaman kader GP Ansor sebagai pengawal NU di barisan terdepan,” kata Faisal kepada NU Online.

Prinsip-prnsip dasar ke-NU-an yang mengisi kegiatan PKN, bernilai untuk menempatkan posisi GP Ansor dalam konteks ke-NUan dan kebangsaan. Dari situ, para peserta PKN dapat mengambil sebuah gerakan-gerakan sesuai dengan garis prinsip tersebut.

Selain itu, prinsip dasar itu membekali peserta PKN untuk tetap setia mengawal ahlussunnah wal jamaah yang diajarkan para ulama. Prinsip-prinsip dasar yang dituangkan dalam materi PKN, dinilai efektif untuk membentuk GP Ansor dalam mengambil peran kepemudaannya.

Semangat NU dengan materi yang bernas, akan memberikan tenaga gerakan bagi peserta PKN yang sanggup dan cekatan dalam meneruskan cita-cita organisasi dan perjuangan para ulama NU, tutup Faisal. 

 

Penulis: Alhafiz Kurniawan

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait