Nasional

UIM Tuan Rumah Olimpiade Nasional MIPA Tingkat PT 2015

Kamis, 9 April 2015 | 09:30 WIB

Makassar, NU Online
Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali dipercayakan sebagai tuan rumah tempat pelaksanaan seleksi tingkat regional Olimpiade Nasional MIPA perguruan tinggi (PT) se-Sulawesi tahun 2015, yang berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis, (8-9/4).<> 

Kegiatan yang digelar Kopertis Wilayah IX ini diikuti sebanyak 588 peserta dari 21 perguruan tinggi negeri dan swasta di Sulawesi. Pelaksanaan seleksi dibagi dalam dua rayon, untuk seleksi wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra dipusatkan di Makassar, sedangkan untuk wilayah Sulteng, Sulut dan Gorontalo dipusatkan di Kota Manado.

Pembantu Rektor (Purek) III UIM Dr H Abd Rahim P Mas Sanjata, M.Ag mengatakan, kepercayaan yang diberikan kepada perguruan tinggi yang dinaungi Nahdlatul Ulama ini tentu saja tidak lepas dari kapasitas yang dimiliki sebagai salah satu universitas yang tengah mengalami perkembangan. Disamping itu, fasilitas yang dimiliki memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan olimpiade nasional yang sudah memasuki tahap tingkat wilayah.

“UIM dalam beberapa tahun terakhir memang tidak henti-hentinya mendapat kepercayaan dari berbagai instansi dan lembaga profesi untuk menyelenggarakan kegiatan nasional, termasuk menjadi tujuan kunjungan tokoh-tokoh nasional, pejabat negara seperti Wapres Jusuf Kalla,” ungkapnya.

Seleksi Olimpiade Nasional MIPA PT ini diikuti sekitar 200-an peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta dari tiga propinsi. Mereka selama dua hari mengikuti tes tertulis meliputi matematika, fisika, kimia dan biologi.

Selanjutnya dipilih sebanyak 2 orang setiap bidang ilmu pengetahuan untuk menjadi wakil ke tingkat olimpiade nasional  yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta. Semua peserta yang mengikuti seleksi tingkat wilayah sebelumnya melewati seleksi di tingkat daerah/provinsi. 

Dalam olimpiade ini pesertanya tidak tidak dibatasi jumlahnya, minimal 2 orang untuk setiap bidang, sehingga perguruan tinggi dapat mengutus peserta sebanyak-banyaknya. UIM sendiri sebagai tuan rumah hanya mengutus mahasiswanya sebanyak 12 orang, masing-masing 2 orang pada empat bidang ilmu pengetahuan yang dilombakan. Unhas sebanyak 28 orang dan Universitas Tadolako mengutus 18 mahasiswanya.

Selain Unhas, UNM, UIM dan Unismuh, PT lain di Sulsel yang mengirimkan mahasiswanya diantaranya UKI Toraja, STKIP Bone, dan Unpar Parepare. (Jurlan/Fathoni)


Terkait