Nasional

Warga Berbondong-bondong Sumbang Bahan Makanan

Jumat, 7 September 2012 | 03:04 WIB

Cirebon, NU Online
Warga NU di wilayah III, yaitu Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan, menggalang bahan makanan untuk peserta Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar NU yang akan berlangsung di Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat, 14-17 September mendatang.<>

Menurut Kordinator Seksi Konsumsi Panitia Pusat Muns-Konbes, Sa’dun, warga NU terpanggil untuk turut menyukseskan acara tersebut sebisa mungkin. Karena rata-rata adalah petani, keterpanggilan mereka ditunjukkan dengan dengan penggalangan bahan makanan.

“Dari Indramayu misalnya, di desa Jagapura, ada sebelas penggilingan padi. Masing-masing akan menyumbangkan 500 kg beras. Sementara Ketua PCNU-nya akan menyumbangkan setengah ton ikan bandeng. Di desa lain yang terdapat home industri kerupuk, akan menyumbangkan 1 kwintal kerupuk udang,” ujarnya. 

Ada juga yang menyumbangkan hewan ternak. Dari Kabupaten Kuningan, Kota/kabupaten Cirebon masing-masing dua ekor sapi, sementara dari Majalengka dan Indramayu seekor. Selain itu ada juga yang menyumbangkan kambing, ayam dan telor.

“Selain itu, ada juga yang akan menyumbangkan hasil bumi seperti sayur-sayuran, umbi-umbian, kangkung dan jenis sayuran lain.” 

Bahan makanan tersebut, sambung Sa’dun, akan sampai di Pesantren Kempek sehari atau dua hari sebelum acara dimulai. 

Nyai-nyai (istri kiai) dan para santri tidak ketinggalan. Mereka akan menjadi pengatur dan penentu menu makanan. “Menu makanannya ada menu nasional dan lokal. Kalau yang nasional yang umum di warung makan, yang lokal adalah khas Cireboon seperti empal gentong, sega jambalang, dan tahu gejrot.”


Redaktur: A. Khoirul Anam
Penulis   : Abdullah Alawi


Terkait