Warta

Aktivis Banser Meninggal di Sekitar Rumah Mbah Maridjan

Rabu, 27 Oktober 2010 | 06:35 WIB

Bantul, NU Online
Kepala Kesatuan Komando Rayon Banser Kecamatan Kasihan, Bantul, H Jujur Prayitno (34), ditemukan meninggal dunia di sekitar rumah almarhum Mbah Maridjan, Desa Kinahrejo, Cangkringan, Sleman. Jujur yang juga anggota PMI Bantul ditemukan pukul 21.00, bersama 15 orang lainnya yang semuanya meninggal dunia.

Yusuf Kalla dalam sambutan pelepasan jenazah menyatakan bahwa seorang yang meninggal dalam menjalankan tugasnya menjadi syahid.<>

“Kita doakan, Haji Jujur Prayitno meninggal dalam keadaan syahid,” kata Yusuf Kalla yang kini menjabat Ketua Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) di Dusun Kembaran, Kasihan, Bantul (27/10).

Sementara itu, seusai acara pelepasan jenazah, Ketua Pengurus Milayah GP Ansor Daerah Istimewa Jogjakarta, Akhmad Fikri AF, mengatakan bahwa Jujur Prayitno adalah seorang aktivis Banser yang berakhlak baik dan patuh terhadap para kiai.

“Kang Jujur sudah mengabdi di kesatuan Banser selama 15 tahun. Saya tahu beliau orang baik, ikhlas, pendiam, tapi banyak kerja.  PW GP Ansor kehilangan kader terbaiknya,” ujar Fikri memberi kesaksian.

Jujur Prayitno akan dimakamkan nanti sore di Kasihan, Bantul. Dia meninggalkan seorang istri. Selain aktivis Banser, Jujur yang seorang sarjana  ekonomi adalah anggota PMI Bantul, anggota International Rescue Committee. Almarhum pernah menjadi relawan saat bencana melanda Aceh, Bantul, Padang, dan Tasikmalaya. (hmz)


Terkait