Warta

Albania Rayakan 600 Tahun Ramadhan

Sabtu, 30 Agustus 2008 | 03:44 WIB

Tirana, NU Online
Bagi umat Muslim Albania, Ramadhan tahun ini terasa begitu istimewa. Pada puasa kali ini, mereka merayakan 600 tahun masuknya bulan suci Ramadhan ke negera mereka, yang bersamaan dengan masuknya Islam ke negeri semenanjung Balkan itu di bawah kekuasaan pasukan Turki-Utsmani.

"Ramadhan tahun ini bertepatan dengan 600 tahun usia masuknya Islam ke negeri Albania berdasarkan hitungan tahun Hijriah. Islam datang ke Albania pada tahun 827 H," demikian ungkap salah seorang koresponden Islamonline di Albania, Rabu (27/8).

<>

Ramadhan tahun ini juga berarti ramadhan kali ke-16 selepas Albania terbebas dari belenggu Komunisme Yugoslavia pada tahun 1990. Selama pemerintahan komunis mengontrol Albania, umat Muslim di negera itu dilarang melaksanakan puasa dan shalat, serta menunjukkan syi'ar-syi'ar keagamaan lainnya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Setiapkali bulan suci Ramadhan tiba, umat Islam Albania selalu menyambutnya dengan penuh antusias. Beberapa aktivitas keagamaan tampak kian semarak dilakukan, baik di rumah-rumah, mesjid, sekolah, hingga di stasiun televisi, radio, dan beberapa fasilitas publik lainnya. Beberapa aktivitas tersebut meliputi paket bingkisan ramadhan, bakti sosial, buka puasa bersama dan shalat tarawih berjama'ah, kuliah dan pengajian Ramadhan, tilawah al-Qur'an, dan lain-lain.

Albania terletak di semenanjung Balkan, Eropa Tenggara, dan terbilang sebagai negara mayoritas berpenduduk Muslim, yaitu sebanyak 3,5 juta jiwa atau 75 % dari total seluruh penduduk negara. Hingga saat ini, di Albania terdapat 1667 Mesjid dan ribuan madrasah Islam. Etnis Muslim Albania tersebar beberapa di negara Balkan, semisal Macedonia, Bosnia, Kosovo, Montonegro, Serbia Selatan, dan Yunani Utara. (iol/atj)


Terkait