Warta

Alumni Pesantren Lirboyo Gelar Berbagai Kegiatan dan Doa Bersama

Senin, 1 November 2010 | 04:29 WIB

Brebes, NU Online
Dalam rangka memperingati haul Tiga Tokoh Lirboyo, Himpunan Alumni Santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri (HIMASAL) Cabang Brebes, Jawa Tengah, menggelar berbagai kegiatan lomba dan Doa Bersama.

Tiga tokoh yang diperingati yaitu KH Abdul Karim, KH Marzuqi Dahlan, KH Mahrus Aly dan ulama Kabupaten Brebes. “Sebagai penghormatan pada sesepuh pondok, kami mengayu bagyo dengan lomba islami dan Doa bersama,” terang Ketua Panitia Kegiatan Imam Muslih SHI di sela kegiatan di alun-alun Brebes Ahad (31/10). />
Kegiatannya, lanjut Muslih, meliputi Senam sehat keluarga Bebas Narkoba. Senam ini diikuti sekitar 4000 peserta dari TK dan RA beserta guru dan orang tuanya. “Ada 37 TK/RA turut berpartisasi dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Ada juga kegiatan penyuluhan Anti Narkoba, donor darah, pengobatan gratis, makan telor asin, pesta buah, magic show, wahana permainan anak, drum band, dan pentas seni tradisional Calung dari SMK  3 Maarif NU Larangan.

Sedang nanti malam, akan digelar Istighosah yang akan dipimpin Duriyah Ponpes Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri KH Imam Yahya Mahrus. Sedang Tausiyah akan disampaikan DR KH Muhamad Abas Fuadz Hasyim Al Khusain dari Pesantren Buntet Cirebon.

Maksud digelarnya istighosah, kata Muslih, meminta pertolongan kepada Allah SWT agar Indonesia terhindar dari bencana. “Istighosah nanti berupa doa anti korupsi dan doa penolakan bencana,” tandasnya.

Menurut Ketua HIMASAL Kab Brebes KH Mulyani HBS, jumlah alumni Ponpes Hidayatul Muktadiin Lirboyo Kediri dari Kabupaten Brebes mencapai 3.670 santri. Mereka, adalah alumni sejak tahun 1971 hingga 2010.

Potensi yang besar ini, lanjutnya, akan sangat bermanfaat bila diberdayakan. Mereka tersebar diseluruh Kabupaten Brebes dengan latar belakang keahlian dan pekerjaan heterogen.

Kegiatan ini, digelar atas kerja sama antara HIMASAL Brebes dengan perusahaan obat promag, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes dan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Brebes.

Dari pantauan NU Online, hingga berita ini diturunkan ribuan peserta dan penonton masih memadati alun-alun Brebes. Istighosah dan tausiyah itu sendiri akan digelar bada Isya. (was)


Terkait