Warta

DPR China Bantu Korban Merapi dan Mentawai

Selasa, 9 November 2010 | 07:09 WIB

Jakarta, NU Online
Ketua DPR China Wu Bangguo dan rombongan menemui Ketua MPR Taufiq Kiemas. DPR China membantu dana 10 juta remimbi (Yuan) atau sekitar Rp 13 miliar untuk korban letusan Merapi dan tsunami di Mentawai. Selain itu membantu tenaga dan peralatan evakuasi korban Merapi, ahli forensik, identifikasi DNA dan Early Warning system tsunami. Ini menunjukkan jika hubungan Indonesia-China sangat baik.

"Itu sangat positif dan bagus. Di mana pertemuan persahabatan ini harus dijaga dengan baik, dan selain menyumbang 10 juta remimbi (yuan) untuk korban benc<>ana Merapi dan Mentawai, juga peralatan letusan merapi dan tsunami,"tandas Ketua MPR RI Taufiq Kiemas pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (9/11).

Menurut Taufiq, China juga akan menyumbang tenaga dan peralatan evakuasi korban Merapi. China akan mengirim ahli forensik untuk membantu identifikasi korban di lereng Merapi. "Janjinya tentang bantuan korban Merapi dan tsunami. Identifikasi DNA dan early warning system tsunami. Biasanya kalau China janji ditepati,"katanya.

Wakil Ketua MPR Hajrianto Y Tohari menjelaskan bahwa dalam pertemuan singkat tersebut dibahas berbagai masalah kedua negara. Sejumlah kesepakatan juga dihasilkan dalam pertemuan itu.

"Banyak yang dibahas baik goverment to goverment maupun people to people. Kita menekankan kerjasama di bidang ekonomi, pendidikan, dan pertahanan,"tutur Hajrianto. Setelah menemui pimpinan MPR, Ketua DPR China Wu Bangguo menemui Ketua DPD Irman Gusman dan Ketua DPR RI Marzuki Alie.(amf)


Terkait