Warta

GP Ansor Harus Meniru Sahabat Ansor

Senin, 10 Januari 2011 | 10:00 WIB

Sidoarjo, NU Online
Ribuan nahdliyin melakukan doa bersama untuk suksesi pelaksanaan kongres Gerakan Pemuda Ansor ke XIV, yang akan di gelar pada tanggal 13-17 Januari 2011 mendatang. Doa bersama atau istighotsah akbar ini dilaksanakan di pendopo Kabupaten Sidoarjo, Jum’at 7 Januari 2011.

Ketua Umum PP GP Ansor Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menegaskan, pelaksanaan doa bersama ini, khusus ditujukan untuk suksesnya penyelenggaraan Kongres GP Ansor di Asrama Haji Sukolilo. Acara ini dihadiri pula Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj.
/>
Dalam amanatnya, Kang Said menyatakan bahwa GP Ansor harus siap menjadi benteng akidah ahlussunnah waljamaah. “Selain itu, sebagai organisasi pengkaderan, Ansor tidak boleh hanya siap secara fisik saja, namun juga spiritual. GP Ansor juga harus memiliki karakter seperti sahabat Ansor. Yakni siap berkorban jiwa dan raga menyambut Muhajirin demi tegaknya Islam,” tegas Kang Said.

“Saya harap pelaksanaan kongres berjalan dengan lancar dan sukses,” tambah pria kelahiran Cirebon ini.

Sementara itu, Gus Ipul berharap pada pelaksanaan kongres nanti ada perubahan yang lebih baik di tubuh GP Ansor. “Untuk itu, pada Kongres kali ini, masa jabatan ketua GP Ansor dibatasi menjadi satu periode saja,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan istighotsah akbar ini, hadir beberapa kyai sepuh Nahlatul Ulama. Di antaranya KH M Anwar Mansur, KH Imam Yahya Mahrus, KH Kafabihi Mahrus, KH Idris Hamid, KH Huda Buduran, KH Abdul Aziz Manshur, KH Mas Subadar, KH Agoes Ali Mashuri, dan KH Rofiq Sirodj.

Hadir pula Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah,Wakil Bupati Sidoarjo Hadi Sutjipto, Ketua DPRD Sidoarjo H. Dawud Budi Sutrisno.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Sidoarjo mengharapkan, dengan pelaksanaan doa bersama ini, maka hajat GP Ansor untuk pelaksanaan kongres bisa terlaksana dengan sukses. “Kita doakan bersama-sama untuk suksesnya kongres GP Ansor ke XIV,” terangnya. (bil)


Terkait