Warta

Harlah NU dan Bahtsul Masail Pra Muktamar Diadakan di Cirebon

Sabtu, 30 Januari 2010 | 06:13 WIB

Cirebon, NU Online
Peringatan Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) dan kegiatan pra muktamar ke-32 NU diadakan di Cirebon, Jum’at-Ahad 29-31 Januari 2010. Peringatan Harlah dipusatkan di lapangan gedung serbaguna PCNU Kabupaten Cirebon, sementara kegiatan pra muktamar diadakan di Pondok Pesantren babakan Ciwaringin.

Harlah dihadiri ribuan warga nahdliyin, terutama dari anggota Ansor, Fatayat Muslimat NU. Harlah didahului dengan pawai ta’aruf berkeliling jalan-lalan utama kota Sumber, Kabupaten Cirenon oleh siswa-siswi NU, Sabtu pagi.<>

Acara dilanjutkan dengan istighotsah dan doa harlah, serta kata sambutan dari para pejabat dan tokoh NU setempat. Harlah ini juga diramaikan oleh aksi pertunjukkan sulap dan kanuragan oleh anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser Cirebon).

Harlah rencananya juga dihadiri oleh Menteri Pembangunan Daerah Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini.

Sementara pembukaan pramuktamar diadakan pada Jum’at malam. Sedianya acara pembukaan dirangkai dengan dialog “Fiqrah Nahdliyah” bersama para calon kandidat ketua umum PBNU namun acara dialog ini tidak jadi diadakan.

Sementara itu kegiatan pra muktamar diisi dengan bahtsul masail diniyah waqiiyah, maudluiyah dan qununiyah yang mengundang perwakilan pengurus lembaga bahtsul masail atau perwakilan pengurus NU se-Indonesia.

Bahtsul masail yang diadakan kali ini merupakan persiapan bahtsul masail inti yang diadakan pada Muktamar ke-32 di Makassar maret nanti. Diharapkan berbagai masail (persolan hukum) sudah hampir dirampungkan sehingga dapat diselesaikan semua dalam forum muktamar. (nam)


Terkait