Warta

Ketua Umum PBNU Pastikan Kuliah Umum di UI

Rabu, 1 Desember 2010 | 00:00 WIB

Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj dipastikan akan memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia, Rabu, 8 Desember 2010. ”Insya Allah jika tidak ada halangan, saya akan memberikan kuliah umum di UI minggu depan,” ujar Kang Said kepada NU Online, 1 Desember 2010.

Kepastian tentang acara kuliah umum ini juga disampaikan oleh Asty Setiautami, Manajer Humas Media Center FE UI. ”Kuliah umum oleh Ketua Umum PBNU dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 13.30 di Auditorium Surya Atmaja UI Depok,” tambahnya. Selain mahasiswa UI, mahasiswa dari beberapa kampus lain juga akan menghadiri kuliah umum ini. />
KH Said Aqil Siradj –atau yang akrab disapa Kang Said- akan memberikan kuliah umum dengan materi Sejarah Peradaban Islam dan Nahdlatul Ulama. ”Selain itu beliau juga akan menyampaikan keberhasilan program-program yang selama ini telah dijalankan PBNU. Khususnya mengenai ekonomi kerakyatan,” ujar Asty.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kuliah umum oleh Kang Said ini akan menjadi sejarah bahwa untuk pertama kalinya Ketua Umum PBNU memberikan kuliah umum di UI. ”PBNU dipandang perlu memberikan sumbangan pemikirannya tentang ekonomi kerakyatan. Selain itu kemandirian warga NU selama ini tentu tidak lepas dari arahan PBNU,” ujar Firmansyah , Dekan Fakultas Ekonomi Unoversitas Indonesia.

Firman menambahkan, bahwa selama ini PBNU tidak dilibatkan pemerintah dalam program pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), dan lain sebagainya. ”Saya yakin jika PBNU dilibatkan, program-program pemerintah akan lebih mengena dan tepat sasaran,” tambahnya. (bil)


Terkait